Posted by : kusukakimia Kamis, 10 Desember 2015

PENGALAMAN MENGIKUTI UJIAN JLPT N4 
NORYUKU SHIKEN DI JAKARTA

Unsada- Panitia pelaksana Ujian JLPT 6 Desember 2015

Unsada- Panitia pelaksana Ujian JLPT 6 Desember 2015

Mengikuti ujian JLPT (Japanese Language Proficiency Test) atau Noryoku Shiken merupakan pengalaman tersendiri yang mengasah kemampuan global dalam penguasaan bahasa asing.  Apalagi negara kita akan segera bergabung bersama masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun 2015 ini sehingga melalui penguasaan bahasa asing akan mempersiapkan kita  bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri.

Hari minggu, tanggal 06 Desember 2015 adalah hari bersejarah bagi saya pribadi karena saya berkesempatan mendampingi putri saya, Jessica Anzamar Sibarani mengikuti ujian JLPT N4 di Universitas Darma Persada - Fakultas Teknologi Kelautan Jakarta.  Panitia pelaksana ujian adalah Universitas Darma Persada dengan pengawasan Japan Foundation.  Sebuah kasih karunia Tuhan jika saya diberi kesempatan untuk bisa membekali putri saya dengan berbagai ilmu  untuk masa depannya kelak.  Terima kasih Tuhanku Yesus.

Saya, suami, dan Jessica menginap di Park Hotel agar lebih dekat menuju lokasi ujian (Sekitar 30 menit by taxi).  Hari minggu itu kami berangkat lebih awal karena harus segera meminta salinan copy kartu ujian yang belum juga sampai di Jambi hingga waktu keberangkatan kami ke Jakarta (btw: kartu ujian ini dikirim oleh panitia by POS) entah mengapa belum sampai ke alamat. Akhirnya panitia memberikan salinan copy kartu ujian kepada Jessica.  Terima kasih kepada pak Tris (panitia dari Unsada) yang sudah melayani kami dengan baik. 

Kemudian kami menuju ruang di lantai 4 Fak. Teknologi Kelautan Ruang 402, tempat tes Jessica.

Fak. Teknologi Kelautan - Unsada- tempat lokasi Ujian JLPT 6 Desember 2015

 
Daftar peserta ujian JLPT N4 di Ruang 402 -  Unsada

Ruang 402- tempat berlangsungnya tes JLPT N4 di Unsada

Ujian dilaksanakan tepat pukul 10.00 WIB (Session 1) selama 30 menit untuk tes vocabulary.  Setelah itu peserta boleh beristirahat 10 menit.  Dilanjutkan session 2 tentang reading dan grammar selama 60 menit.  Setelah selesai peserta dipersilakan istirahat 10 menit, kemudian diakhiri session 3 yaitu listening selama 35 menit.  Percakapan pada listening kali ini berlangsung lebih cepat ketimbang N5.

Perbedaan pokok pada tes N4 ini adalah jumlah huruf kanji yang jauh lebih banyak  ketimbang N5.

Ujian selesai tepat pukul 12.45 WIB. Peserta keluar ruangan.  Jessica pun terlihat tenang.  Kami berharap Tuhan memberkati ujian Jessica sehingga lulus ujiannya meskipun Jessica masih duduk di kelas 12 IPS di SMAN 3 Kota Jambi namun sudah mau berusaha dengan baik belajar bahasa Jepang.  Semoga tercapai cita-citamu Nak. Di dalam Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia, Nak !

Selesai ujian, kami pun mengambil sertifikat kelulusan JLPT N5 Jessica yang sudah berlangsung 07 Juli 2015 yang lalu. 
Terima kasih Tuhan, Jessica sudah lulus. Semua karena berkat dan penyertaanMu.

Thank you Lord ...

Terima kasih kepada sensei Cristop dari SMAN 3 Kota Jambi yang sudah mengajar dan membimbing Jessica di dalam mempersiapkan ujian JLPT N5 dan N4 ini.  Tuhan memberkati sensei ya.. AMIN..


- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -