Posted by : kusukakimia Rabu, 30 Desember 2015

MOTIVASI MENGIKUTI DIKLAT ONLINE 
GURU MELEK IT (DOGMIT)



Oleh:
Elizabeth Tjahjadarmawan, S..Si, M.Pd - 
SMA XAVERIUS 1 JAMBI

Sudah berpuluh angkatan lulusan diklat Online Melek IT namun saya belum mengenal apa itu diklat DOGMIT hingga suatu saat (Tanggal 27 Desember 2015) saya membuka FB grup asosiasi guru kimia yang salah satu anggotanya sedang berdiskusi tentang DOGMIT.  Saya ingat Ibu Dewi Batik Kimia berbincang dengan beberapa kawan tentang DOGMIT.  Saya pun tertarik lalu bertanya-tanya apakah itu DOGMIT.  Seorang rekan sekaligus admin grup tersebut yaitu Mr. Urip Rukim memberi link tentang DOGMIT hingga saya akhirnya melakukan search informasi tentang diklat ini.  Akhirnya saya mendapat info lebih jelas langsung dari fasilitator DOGMIT Bapak Sukeni melalui komunikasi WA dan FB.  Hari itu juga saya mendaftar kemudian menyelesaikan administrasi untuk mengikuti diklat online DOGMIT yang akan segera dimulai keesokan harinya ! Matur nuwun Pak Sukeni !
Awalnya saya memang merasa penasaran ingin mengikuti kursus online namun motivasi intinya adalah saya ingin terus mengembangkan diri melalui penguasaan IT yang akan membantu saya meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas dan membekali siswa dengan keterampilan global (apalagi kita sedang memasuki era MEA) di era abad 21 era digital yang sedang berlangsung ini.  Guru sebagai icon kemajuan pendidikan di dalam suatu negara dituntut menguasahi banyak kompetensi salah satunya kompetensi era global yaitu penguasaaan IT.  Guru harus melek IT.  Menurut Permendiknas 16 tahun 2007, guru harus memiliki 4 kompetensi.  Untuk mendukung ke-4 kompetensi tsb maka guru perlu dibekali dengan keterampilan IT untuk menciptakan pembelajaran bermutu berbasis TIK, untuk mengembangkan wawasan materi keilmuannya dengan mengakses sumber belajar dari internet yang tak terbatas jumlahnya juga tanpa batasan tempat dan waktu, selain itu melalui media online guru dapat meningkatkan kompetensi sosialnya dengan berjejaring atau berkolaborasi dalam komunikasi online dengan seluruh insan guru di mana pun berada di seluruh dunia ini tanpa dibatasi ruang dan waktu.  Inilah keunggulan TIK.  Oleh karena itu guru era kini (era global, era  digital) di abad 21 ini sudah harus memulai mengubah paradigma berpikirnya agar memiliki keterampilan IT.  Itulah motivasi yang mendasari saya megikuti diklat DOGMIT online ini.

Bagaimanapun juga belajar secara kolaborasi memiliki keunggulan apalagi berbasis online seperti yang diterapkan dalam sistem DOGMIT ini akan memfasilitasi guru untuk  turut berpartisipasi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. BRAVO !

Bagi Bapak-Ibu guru yang belum mengikuti DOGMIT, ayo ikuti diklat online ini pada angkatan berikutnya, dijamin sangat bermanfaat. AMINNN.

Alamat untuk mengetahui informasi DOGMIT segera lihat link berikut: 
www.e-traininggurumelekit.edu20.org

Satu Komentar

  1. Unknown says:

    Kok Pak Sukeni? Mungkin yg dimaksud adalah Pak Sukani...(dogmit solusi jitu menjadi guru bermutu)

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -