Posted by : ELIZABETH T Minggu, 24 November 2013



BERBAGI PENGALAMAN

oleh

ELIZABETH TJAHJADARMAWAN, S.SI, M.PD
SMA XAVERIUS 1 JAMBI
PEMENANG BEST PRACTICE GURU 2013 
P2TK DIKMEN
19-21 NOV 2013 - Grand Prioritas Puncak Bogor


Pemenang Best Practice Guru 2013
P2TK Dikmen

Pemenang Best Practice Guru 2013
Bersama Bapak Aldi Mawardi, M.Pd dan Ibu Nurmaini, M.Si


Bersama Ibu Tati (pengawas) dari Prop Kalteng (sebelum acara Pembukaan)  
(miss you Maam..)

 Bersama rekan-rekan guru dari Aceh; Sumbagsel, dan Kalbar
(miss you all)
 



BEST PRACTICE PENGAWAS DAN GURU 2013 dalam Kegiatan:
REVIEW DAN DISEMINASI HASIL PENULISAN BEST PRACTICE PENGAWAS SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN TUGAS KEPENGAWASAN DAN BEST PRACTICE GURU DALAM PELAKSANAAN TUGAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH - 2013

Kegiatan Best Practice 2013 yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Tahun 2013 dibuka pada hari Selasa, 19 Nov 2013 di Aula Hotel Grand Prioritas Puncak Bogor pada pukul 19.00 WIB.  Kegiatan diikuti oleh 104 guru dan 96 pengawas yang lolos seleksi administrasi dari ribuan makalah best practice dari seluruh Indonesia.  Diawali oleh sosialisasi singkat tentang best practice yang dibawakan oleh mantan Direktur P2TK Dikmen Bapak Prof Surya Darma, M.Pd, PhD beliau memaparkan inti dari kegiatan dan penulisan terkait Best Practice.  Berikut inti seminar singkatnya:


Bersama Prof Surya Darma, M.Pa, M.Pd 
Best Practice adalah pelayanan / fungsi / proses yang sudah cocok untuk menghasilkan superior result.  Dalam hal ini dampaknya sudah ada, bersifat efektif, efisien, lestari, kolaborasi, dan interatif.
Best Practice juga merupakan bestmaker yaitu metode yang konsisten yang menunjukkan hasil yang bermanfaat dan significant lalu dapat dipakai sebagai benchmark (tolok ukur).
Mengapa Best Practice penting?
Best Practice akan menghasilkan hal-hal sebaga berikut:
1.       Longlife education
2.      Perkembangan Era terkini: Digital Leraning
3.      Terkait keefektifan strategi pembelajaran
4.      Dampak positifnya ada.
Ciri khas Best Practice adalah dapat diihat dari:
1.       Mudah dideteksi sejak guru masuk kelas, apakah siswa suka atau tidak.
2.      Partisipasi siswa dominan
3.      Increase Students Achievement terlihat jelas.
4.      Adanya keberlanjutan/ sustainability
5.      Rasionalisasi/ obyektivitas / hasil ada
6.      Adanya kolaborasi dengan pihak lain
7.      Tingkat kekiniannya ada (sebaiknya hindari metode yang sudah ada atau yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain.  Jadi keunikannya apa. Invention nya apa.
Bagaimana kriteria untuk melihat apakah makalah yang kita tulis tergolong Best Practice?  

Perlu digarisbawahi bahwa best practice bukanlah action reserach atau PTK/PTS

Best practice adalah praktik proses pembelajaran terbaik yang telah dilakukan oleh guru dan menghasilkan hasil yang nyata dan lestari bagi siswanya.  Ciri best practice sbb:
1.      Inovatif
2.      Bukti siswa sukses: ada
3.      Bisa dilakukan oleh sekolah yang ada di daerah
4.      Bisa dilakukan oleh mata pelajaran lain.
Bagaimana menilai best practice?
Sekedar informasi, cara menilai best practice menurut informasi dari Prof. Surya Darma yaitu:
A.Penilaian Administrasi
a.      Kerapihan ketikan: Kata Pengantar, Daftar Isi
b.      Ciri Khas Best Practice:  inovatif, ekonomis, lestari.
B.Penilaian Presentasi:
Kesesuaian isi naskah dan presentasi                                                             10
Sistematika Penyajian                                                                                     10
Penguasaan isi tulisan yang disajikan berdasar naskah tulisan à content   30
Metode dan alat bantu power point yang digunakan dalam peyajian          15
Kemampuan penalaran dan ketepatan menjawab pertanyaan dari tim penilai      20
Sikap, percaya diri, ketepatan waktu                                                             15
Jika Bapak / Ibu Guru / Pengawas ingin menulis makalah Best Practice silakan tinjau apakah poin-poin penting yang dirujuk di atas memenuhi atau tidak.  Semoga informasi ini bermanfaat. 

Bagaimana cara memresentasikan makalah Anda jika Anda terpilih sebgai finalis Best Practice? 




1. Buatlah power point dengan singkat padat jelas. Fokuskan pada latar belakang dan pemecahan masalah (metode) serta hasil nyata yang jelas dari best practice Anda.
2. Power point jangan melebihi 15 slide.
3.  Bicara singkat padat jelas dan alur yang runut karena waktu ayng disediakan bagi Anda hanyalah 15 menit termasuk tanya jawab dengan dewan juri.  Jika Anda berlama -lama hingga menghabiskan 15 menit tuk presentasi maka dewan juri tidak sempat bertanya kepada Anda dan Anda akan kehilangan point penting pada bagian ini.
4.  Selamat bereksplorasi melakukan Best Practice.

Semoga sukses di Best Practice 2014. BRAVO !

59 Komentar

  1. oh ya saya mau ikut best practice bisa gak sharing tentang karya tulisnya???bentuknya seperti apa...bisa dikirim via emailku aja sandhispoor@gmail.com

  2. Saya juga mau melihat best practice yang telah menyabet juara 1 nasional.Mohon bisa share ke lanang.astawa@yahoo.co.id

  3. Unknown says:

    tolong share karyanya untuk dijadikan bahan belajar ke email masapitendea@gmail.com
    Trims...

  4. Sy boleh minta juga ya. Untuk sy belajar. Bisa tolong dikirim ke yucheyahya@gmail.com makasih.

  5. dumaria says:

    Sy boleh minta contoh best practicenya mohon kirim ke napitupulu.dumaria@gmail.com trim's
    y

  6. tomy says:

    Mohon juga share ke tomygumilar@hotmail.com trimakasih banyak.

  7. Terima kasih banyak atas informasinya.
    Jika tidak keberatan, sudilah kiranya mengirimkan karya Ibu ke alamat email nurhayati15@gmailcom
    Sekali lagi terima kasih

  8. tq atas trik triknya, apakah boleh sy melihat hasil karyanya, mohon di email ke aniamimah3@gmail.com
    terima kasih banyak

  9. Unknown says:

    Ibu bolehkah sy melihat hasil karya best practisenya sbg bhn bljr, tlong kirim ke email sy ayuhansah@gmail.com mksh bnyk bu...

  10. Anonim says:

    jika berkenan, mhn ijin utk melihat hasil karya best practisenya sbg referensi,njih. mhn die-mailkan ke ariyati_08@yahoo.com makasih sblmnya bu...

  11. Bolehkan saya minta dikirimi contoh karya Ibu, saya ingin belajar, kalau boleh mohon kirim ke drasunarti@yahoo.co.id

  12. Bolehkan saya minta dikirimi contoh karya Ibu, saya ingin belajar, kalau boleh mohon kirim ke sitinurainiakili227@gmail.com, trimakasih sebelumnya...

  13. Unknown says:

    Terimakasih atas trik dan pengalaman mengikuti lomba best practise, kl bisa saya minta contoh best parctise yang ibu buat terimakasih bisa dikirim ke anglia_nur@yahoo.co.id. Salam kenal fitri dari smk umar fatah rembang guru kimia.

  14. Thanks untuk infonya, salam kenal, bisakah minta contoh karyanya untuk dikirim ke email saya afrinaletti@yahoo.com

  15. Silakan Bapak/Ibu, mohon chek emailnya, sudah saya kirim.

    Mohon maaf slow respon karena kesibukan dan sering tidak di tempat.

    Terima kasih..

  16. hasan says:

    Bolehkan saya minta dikirimi contoh karya Ibu, saya ingin belajar, kalau boleh mohon kirim ke
    mustofahasan235@gmail.com

  17. Saya coba tahun ini :-)

  18. Salam kenal,Bu saya minta bantuan ibu dikirimi karya ibu,mohon dikirim ke email saya :nurfatwa78@gmail.com. terimakasih bu

  19. Unknown says:

    Mkasih sharenya,insya Allah kami menunggu hasil penilaian best practice 2015 sesuai naskah yang telah kami kirimkan

  20. Unknown says:

    Bu, salam kenal... saya mohon dikirimi contoh karya Ibu, saya ingin belajar. tolong dikirim ke email saya : taqimziya@gmail.com

  21. Unknown says:

    Terimakasih ibu mhn sy jg d kirimi contoh karyanya ya bu ke ambar_yes@yahoo.com
    Terimakasih

  22. Unknown says:

    Terimakasih ibu mhn sy jg d kirimi contoh karyanya ya bu ke ambar_yes@yahoo.com
    Terimakasih

  23. Unknown says:

    Terimakasih ibu mhn sy jg d kirimi contoh karyanya ya bu ke ambar_yes@yahoo.com
    Terimakasih

  24. @sa says:

    Good Job Miss... Congratulation.... would you like to share your best practice? oke, I've been waiting in awansukandar @gmail.com. Thanks.

  25. Anonim says:

    Ibu, terima kasih untuk infonya. Jika Ibu berkenan, saya mohon untuk dikirimi naskah ibu ke widjajaemma@yahoo.co.id. Terima kasih, Ibu.









  26. Unknown says:

    Selamat ibu atas prestasinya..
    terimakasih atas trik-trik yang diberikan..
    Saya mohon untuk dikirimi naskah karya tulis ibu sebagai bahan belajar ke ind4h.pertiwi@gmail.com
    terimakasih banyak..

  27. Unknown says:

    selamat kami jg mohon untuk dikirimi naskah karya tulis ibu karena kami ingin sekali bisa membuat karya tulis seperti ibu rakhmasl212@gmail.com

  28. Unknown says:

    Kesuksesan Sdri menginspirasi teman2 guru di seluruh tanah air, Selamat atas prestasinya.Saya jd ingin tahu juga tolong share naskah yang menjadikan sdri terkenal ke : profesi2026@gmail.com

  29. Anonim says:

    Congratulation untuk ibu. Semoga pengalaman ibu bisa sy alami juga. Oleh karena itu mohon bimbingan dan minta naskah ibu sbg acuan. Jika berkenan mohon dikirim ke widya2hartono@gmail.com

  30. selamat sore ibu, maaf saya sangat termotivasi dengan pengalaman ibu, mohon bimbingan dan naskah ibu sebagai acuan saya dalam membuat best practice. ini alamat email saya bu trihandayanitambrin@gmail.com , trimakasih sebelumnya bu...

  31. Anonim says:

    Selamat ibu atas prestasinya..
    terimakasih atas trik-trik yang diberikan..
    Saya mohon untuk dikirimi naskah karya tulis ibu sebagai bahan belajar ke laurazebua@gmail.com
    terimakasih banyak..

  32. Unknown says:

    Inspiring banget bu...saya mohon dikirimin karya best practice ibu sbg referensi.ini email saya eniramlan@ymail.com

  33. Sangat Menginspirasi Bu.... bolehkan share karya ibu untuk referensi berkarya ke email saya ridasyamsiah@yahoo.com...terima kasih semoga ilmunya menjadi ilmu yang bermanfaat...

  34. Sangat Menginspirasi Bu.... bolehkan share karya ibu untuk referensi berkarya ke email saya akbarmarosi@gmail.com...terima kasih semoga ilmunya menjadi ilmu yang bermanfaat...

  35. Salam kenal...bolehkah share karya ibu untuk refferensi berkarya ke email saya kidanurul@yahoo.co.id Terimakasih semoga ilmunya menjadi ilmu yang bermanfaat. dikirimi contoh best ptactice

  36. Salam kenal Ibu Eizabeth.
    Saya ibu Susi, guru SMK i pedalaman pulau Sulabesi, kabupaten Kepulauan ula, Prov. Maluku Utara.
    enang sekali ketika blogwalking saya menemukan blog ibu yang sungguh menginspirasi saya untuk berprestasi seperti ibu. saya sebenarnya sarjana pertanian, tetapi karena tempat tugas yang begitu terpencil maka saya juga mengajar, kimia, bahasa inggris dan kewirausahaan.

    jika iibu berkenan, bisakah saya belajar dari karya -karya ibu yang pernah memenangkan kompetisi di nasional? entah itu best practice ataukah inovasi pembelajaran? Jika boleh, bersediakah ibu mengirimkannya ke saya di alamat email saya di susisuseno@gmail.com.

    Terima kasih banyak sebelumnya.
    salam dari pedalaman.

    Susilo Dwi Rahayu

  37. Salam kenal bu elizabeth,
    kita pernah bareng Diklat QIS di Bandung, tapi saya di kelas ESS.
    mohon sharing pengalaman best practisenya.
    Mr. Subki (Lombok)

  38. Unknown says:

    Mohon pengarahnya bu....tentang contoh best practice...tolong kirim ke zae_genivs@yahoo.com.....terima kasih.

  39. Unknown says:

    Mohon pengarahnya bu....tentang contoh best practice...tolong kirim ke zae_genivs@yahoo.com.....terima kasih.

  40. Cayo says:

    Terima kasih. Informasi yang sangat menarik.
    Jika tidak keberatan, mohon untuk mengirimkan karya Ibu ke alamat email cahayaone@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih.

  41. bolehkah saya juga meminta soft filenya ...untuk belajar agar bisa lebih efektif dan inovatif ...thanks before..Ann
    if you don't mind, send to my email

  42. Unknown says:

    Salam kenal dan selamat y bu, bisa minta file soft copynya g untuk referensi. kl boleh bisa email ke basithabdul14@gmail.com
    terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya

  43. Salam kenal bu...saya ingin mencoba membuat best practice namun agak bingung membedakannya dengan ptk...mhn sudi kiranya ibu mengirimkan karya ibu yang telah memenangkan best practice terbaik tersebut agar bisa sy jadikan contoh...alamat email : luhagustinawati@gmail.com...

    trims

  44. Anonim says:

    Ibu, terima kasih untuk infonya. Jika Ibu berkenan, saya mohon untuk dikirimi naskah ibu ke agues_tinaee@yahoo.com Terima kasih, Ibu.

  45. Anonim says:

    Ibu, terima kasih untuk infonya. Jika Ibu berkenan, saya mohon untuk dikirimi naskah ibu ke agues_tinaee@yahoo.com
    Terima kasih, Ibu.

  46. Unknown says:

    bisa kirim contoh best practicenya bu'.... saya ingin belajar menulis best practice...salam dari sulawesi barat

  47. ibu bisa kirim best practise saya juga ingin menulis best practtise.saya mohon untuk dikirim ke akhsains@gmail.com

  48. Unknown says:

    Ibu bisa saya minta contoh best practice sebagai acuan saya menulis..kirim ke wairagya@gmail.com

  49. Unknown says:

    mantap dan luarbiasa prestasinya, saya baru belajar menulis best practic , mohon kiranya untuk membagi ilmunya yg Hebat ini ibuk, agar kami punya referensi,untuk itu dengan kerendahan hati yg dalam mohon mengirimkan ke email kita: salimalhalim02@gmail.com dan semoga tuhan membalasnya sebagai pahala yg terus mengalir.

  50. Unknown says:

    Terima kasih atas Pengalaman yang telah ibu bagikan... Saya Mohon dengan keikhlasan hati Ibu Untuk mengirimkan contoh best practice Ibu sebagai Acuan bagikan sya bu... Di mariyyatulkibthiyyah@gmail.com....trims Ibu

  51. silvi says:

    Salam kenal bu, sayapun ingin sekali belajar membuat best practice. Jika tidak berkeberatan untuk mengirimkan contoh best practice ibu di sil.gpotaky@gmail.com
    atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakaaih

  52. ibu saya juga mau ...tolong kirimkan bu ke email saya nonasmplabdeli@yahoo.co.id

  53. Yth Ibu Elizabeth,

    Salam kenal bu. Saya guru SMP mapel Bahasa Inggris. Saya sedang belajar membuat Best Practice. Saya ingin belajar dari ibu. Saya sangat berterimakasih bila ibu berkenan mengirimkan salah satu contoh Best Practice karya ibu ke : kusmawarnininik@gmail.com

  54. Mohon share karyanya ibu y di email saya... saya juga pengen belajar membuatnya.... email : qurrotulaini234@gmail.com

  55. saya Yulismawati guru SMA mapel Kimia. saya lagi ikut pelatihan Pembuatan best Practice. mohon share karyanya ya bu ke email saya. yulismawati05@gmail.com

  56. Mau juga dong Bu email antho_satria@yahoo.com

  57. Anonim says:

    Bolehkan saya minta dikirimi contoh karya Ibu, saya ingin belajar, kalau boleh mohon kirim ke sulvafebriyati@gmail.com

  58. Saniah says:

    Boleh kah saya minta best practice nya,kalau ibu berkenan kirim ke saniahd79@gmail.com.thanks

  59. Sangat menginspirasi ibu.. jika berkenan boleh saya minta dikirimkan best practice ke faizatulana@gmail.com

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -