Posted by : ELIZABETH T Jumat, 05 September 2014

LIPUTAN KEGIATAN OSN -SMA 2014 di MATARAM-LOMBOK-NTB (1-7 SEPT 2014)

ditulis oleh:
Elizabeth T-S.Si, M.Pd
Pembina OSN Kimia Prop Jambi -Pendamping OSN 2014 Prop Jambi


Montella Nadia Ciutara - (SMA Xaverius 1 Jambi-Prop Jambi) 
Bid. Kimia



OSN 2014 yang pada tahun ini mengusung tema “OSN sebagai Wahana Implementasi Kurikulum 2013 Guna Membangun Generasi Berperadaban Unggul” dibuka oleh Bapak Wamendikbud di Hotel Lombok Raya sekitar pukul 08.30 WITA pada Selasa, 02 September 2014.  Kegiatan OSN Jenjang SMA tahun ini berbarengan dengan OSTN (Jenjang SMK) dan PKLK Dikdas. 


Acara Pembukaan OSN 2014 oleh Wamendiknas

Acara Pembukaan OSN 2014 oleh Wamendiknas


Kontingen Propinsi Jambi dengan jumlah peserta Jenjang SMA 20 orang yang terdiri dari 9 bidang studi ditempatkan di dua lokasi hotel yaitu hotel Lombok Raya (MTK, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi) dan Hotel Garden Hotel (Fisika, Kebumian, Geografi).  Sedangkan dua guru pendamping (Bapak Harihandoko dan Ibu Elizabeth, keduanya berasal dari SMA Xaverius 1 Jambi) menginap di Hotel Pratama bersama pendamping dari propinsi lainnya.
Hotel Lombok Raya Mataram NTB

Lobby Hotel Lombok Raya MAtaram NTB-tempat registrasi peserta OSN SMA


Lobby Hotel Pratama Pendamping Propinsi

RM Hotel Pratama Pendamping Propinsi

Pelaksanaan tes bidang Kimia bertempat di SMAN 5 Mataram.  Tes berlangsung dalam 2 tahap yaitu Tes Praktikum (Rabu 03 September 2014) dan tes Teori pada hari Kamis (04 September 2014).  Tes yang berlangsung sekitar 4-5 jam ini cukup menguras energi sehingga stamina fisik juga mental yang baik diperlukan bagi setiap peserta.

Sebelum tes berlangsung,  Selasa sore 02 September 2014 pulul 14.30 dilakukan TM (technical meeting) bersama beberapa juri dan asisten labor.  Pada pertemuan TM tersebut, diperagakan cara menggunakan alat-alat labor seperti cara mentitrasi, memipet menggunakan pipet volumetrik dan bulb, cara melipat kertas saring, juga cara membuat spot pada TLC.  Beberapa peserta bahkan  belum pernah menggunakan alat-alat tersebut tapi sebagian peserta sudah.  Pada akhir acara TM, dibagikan jas labor, kalkulator, google, dan masker, serta kaos OSN.  Jas labor kali ini bertema MAGIC SCIENCE, sesuai dengan tema praktikum  yang akan dilaksanakan. 
 Briefing dengan Para Juri OSN Kimia 2014
Ada Pak Ismunaryo,MSc,M.Phil dan DR Riwandi Sihombing


Suasana Tm Praktikum kimia

Gi;liran menunggu peragaan alat labor

Peragaan alat Labor

Pembagian jas labor MAGIC SCIENCE

Peserta mencoba jas labor



Acara selesai menjelang pukul 16.00 WITA dan peserta segera kembali ke kamar masing-masing.

Rabu, 03 September 2014.
Peserta OSN Kimia sudah memasuki gedung SMAN 5 Kota Mataram NTB untuki melaksanakan tes praktikum.  Tes berlangsung dari pukul 08.30 sampai dengan 14.00 WITA.  Tahapan tes terbagi dua: (1) Praktikum Anorganik tentang titrasi Kompleksometri  dan (2) Praktikum Organik yaitu TLC pada zat anilin.
Elizabeth di SMAN 5 Mataram NTB


SMAN 5 Mataram

Depan Ruang Tes Praktikum SMAN 5 Mataram

Depan Ruang Tes Praktikum SMAN 5 Mataram

Ruang Tes Praktikum Kimia SMAN 5 Mataram

Montela Nadia Ciutara sedang tes praktikum 

Montela Nadia Ciutara sedang tes praktikum 


Selain Kimia, di SMAN 5 Mataram ini juga berlangsung tes bidang studi Fisika dan Geografi.

Pada kesempatan kali ini, saya sempat bertemu dan berbincang  dengan beberapa juri OSN Kimia yaitu Bapak DR Riswiyanto (Organik, UI), DR Endang Saepuddin (Biokimia, UI), dan DR Agus (Anorganik UI, pembina IJSO).  Senangnya bisa sharing dan ini benar-benar menginspirasi saya.  Belajar tak pernah selesai yaaa..


Bersama DR Riswiyanto Kiri), DR Endang Saepuddin (tengah) dan Dr Agus (kanan)

Beberapa Juri OSN KImia 2014

Kamis, 04 September 2014

Tes hari ke-2 adalah tes teori.  Pelaksanaan tes teori kimia berlangsung di SMAN 5 Mataram NTB dari pukul 08.30 hingga 12.30 WITA. Suasana tempat tes berlangsung cukup tenang dan kondusif.  Panitia berjaga agar tidak ada orang yang tidak berkepentingan, mendekat ruang tes agar para peserta dapat mengerjakan tes dengan baik.  Selesai tes,para peserta beristirahat (ISOMA) dan kembali ke hotel.  DI sini saya sempat bertemu pak Anton pembina Kimia dari Propinsi Bali (SMAN 4 Bali) yang banyak menelurkan peserta OSN Kimia jenjang SMP.


Pak Anton (SMAN 4) Bali

Malam hari sekitar pukul 19.30 WITA seluruh kontingen OSN dan OSTN mengadakan dinner bersama Bapak Kepala DInas Pendidikan Propinsi Jambi (Bpk H.Rahmat Derita) dan staff di RM Sederhana Mataram NTB.  Semua merasa lega.  Tes sudah berakhir. dan saatnya menikmati santap bersama menambah keakraban.  Hadir juga saat itu beberapa kepala bidang Dikmen SMA Dinas Pendidikan Kab. Kota yaitu Bapak Sofyan dan Bapak Mulyadi, Ibu Yuni, Ibu Pia, dan Bu Aan.  





Jumat, 05 September 2014
Pada pagi hari sekitar pukul 08.00 seluruh peserta menghadiri seminar Pendidikan Karakter di Hall Hotel Lombok Raya Mataram NTB.  Sedangkan siang harinya mereka mengadakan wisata edukasi ke beberapa Pantai misalnya Pantai Senggigi, Pantai Pink, Desa Sade, dll sesuai bidang lomba amsing-masing..

Sabtu, 06 September 2014
Acara puncak dari Kompetisi sains paling bergengsi ini adalah pengumuman pemenang OSN dan OSTN 2014, dilanjutkan penutupan acara serta penyerahan bendera OSN dari Prop NTB kepada Propinsi DIY sebagai tuan rumah OSN 2015 mendatang.



Sebenarnya skill kunci apa yang diperlukan saat kompetisi berlangsung?  Jaga kesehatan, emosi, ketahanan mental, spirit, semangat dan faktor lucky, didukung oleh doa, adalah kelengkapan di luar kesiapan materi itu sendiri. 

3 Komentar

  1. Unknown says:

    DI Jogjakarta bukan jawa tengah mbak mohon diralat

  2. Matur nuwun Pak. sudah diralat...

  3. Anonim says:

    Bukan Dr.Riswiyanto Bu... Beliau tidak melanjutkan studi Doktoral.. Nama yang benar

    Drs.Riswijanto S., M.Si

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -