Posted by : ELIZABETH T Kamis, 08 Oktober 2015



PENGALAMAN MENGIKUTI UJIAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG (JLPT- N5)
TANGGAL 5 JULI 2015 DI SMAN 81 JAKARTA TIMUR

 Jessica Anzamar

Minggu, 05 Juli 2015.  Sekitar pukul 05.00 WIB saya terbangun lebih cepat.  Pagi ini agenda kegiatan saya harus mengantar putri saya Jessica Anzamar Sibarani mengikuti tes kemampuan bahasa Jepang (JLPT, Japanesse Language Profiency Test) di SMAN 81 Kalimalang Jakarta Timur.  Saya memang selalu ingin hadir langsung dan menemani anak-anak saya jika mereka sedang ujian atau berkompetisi. Kehadiran saya akan memberi dorongan moril dan semangat kepada mereka sehingga mereka lebih tenang dan yakin dalam mengerjakan tes.
Karena saya tinggal di kota Jambi, Sumatera maka tiga hari sebelumnya saya, suami, dan Jess sudah tiba di Jakarta untuk survey lokasi ujian di daerah Kalimalang.  Ternyata daerah ini cukup jauh dari hotel.  Terletak di dalam perumahan penduduk, ujung, dan agak susah mencari taxi atau angkutan umum dari arah jalan besar.  Untung saya sudah mensurvey lokasi terlebih dahulu sehingga bisa mencari hotel yang tepat, tempat kami menginap.  Karena alasan kedekatan lokasi ujian, akhirnya saya memilih hotel Park di daerah Tomang supaya dengan taxi bisa ditempuh kurang dari 30 menit (hari Minggu, umumnya keadaan jalan tidak macet).  
Saya dan putri saya pun bersiap-siap dan mengecek alat tulis yang akan dibawa (papan ujian, pinsil 2B, penghapus, rautan pensil) serta yang paling penting adalah KARTU UJIAN, DENAH, DAN TATA TERTIB UJIAN.  Semua dimasukkan dalam tas.  Setelah berdoa dan sarapan kami pun berangkat menuju lokasi ujian.  Sesampai di lokasi ujian (SMAN 81 Kalimalang-Jakarta Timur), para peserta lain sudah hadir.  Sebagian besar peserta adalah mahasiswa dan ada juga karyawan.  Mereka duduk di depan ruang ujian sambil membaca buku.  Sekolah yang besar, rapi, bersih, dan asri ini menciptakan suasana kondusif bagi para peserta untuk mengerjakan test.   
                                   SMAN 81 Jakarta Timur


                                        SMAN 81 Jakarta

                                 SMAN 81 Jakarta Timur


 Ruang Ujian N5 SMAN 81 Jakarta Timur


                  Jessica menunggu di depan ruang ujian

Tepat pukul 9.35 para peserta masuk ke dalam ruang masing-masing dan mendengar penjelasan dari pengawas ujian.  Ujian pun tepat dimulai pukul 10.00 WIB, berlangsung selama 25 menit bagi section 1 (vocabulary), materi grammar dan reading selama 50 menit bagi section 2, dan diakhiri dengan section 3 yaitu listening (30 menit).  Masing-masing section diberi waktu jedah istirahat 10 menit.  Pelaksanaan shedule waktu ujian sangat tepat. Saya nilai ujian JLPT sangat detil, teliti, tepat waktu, dan ketat.  Salah satu peraturan yang berlaku adalah jika hp berbunyi, jam tangan berbunyi maka pengawas ujian akan mencoret nomor peserta dan dinyatakan gagal mengikuti ujian. Jadi peserta harus hati-hati dalam hal ini.  Begitu masuk ke ruang ujian, semua Hp, harus dalam keadaan OFF.
Setelah Jess memasuki ruang ujian (R-20), saya menunggu di luar sambil berdoa kepada Tuhan agar Jess bisa mengerjakan ujian. Perasaan saya agak deg-deg an tapi saya berserah kepada Tuhan sumber pengharapan dan kekuatan. Ya Allah Tuhanku, berilah Jess kemudahan, kelancaran mengerjakan ujian... AMIN...
Section 1 dan section 2 telah dilalui, saya melihat Jess keluar dari ruangan dengan wajah tenang. Setelah saya tanya, dia menjawab bisa mengerjakan meskipun section reading agak kompleks seperti membaca koran.  Puji Tuhan.  Saya lega mendengarnya. 
Tepat pukul 12.40 WIB, ujian section 3 (listening menggunakan kaset dalam tape recorder yang diperdengarkan secara running, cepat, hanya satu kali saja tanpa diulang !)) telah selesai berlangsung.  Jess dan para peserta keluar dari ruangan.  Hasil ujian akan dibawa ke Jepang, diperiksa di sana, dan diumumkan melalui website resmi sekitar bulan September.  Akhirnya doa dan harapan saya, meskipun Jess baru duduk di kelas 3 SMA, semoga Jess lulus ujian JLPT N-5 karena pertolongan Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.  Jess, jerih payahmu di dalam Tuhan tidak pernah sia-sia.  Percayalah ! AMIN..
Semoga pengalaman saya ini memberi inspirasi dan menjadi salah satu informasi tentang pelaksanaan ujian JLPT khususnya bagi pembaca yang akan mengikuti tes JLPT di Jakarta. 
Sampai jumpa pada tes JLPT berikutnya periode 6 Desember 2015. 

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -