Posted by : ELIZABETH T Rabu, 16 Juni 2010

OLIMPIADE SAINS TERAPAN NASIONAL (OSTN) SMK
TINGKAT PROPINSI JAMBI – JUNI 2010



Oleh:

Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si.M.Pd

Bicara mengenai Olimpiade Sains bukanlah hal baru di kalangan siswa SMA.  Namun bagi siswa SMK, kegiatan ini adalah hal yang masih asing, fresh from the oven, khususnya siswa SMK di propinsi Jambi.  Istilah olimpiade yang digunakan mereka adalah OSTN (olimpiade sains terapan nasional).   Kendati di Nasional juga baru pertama kali diadakan pada tahun 2009 di ITS Surabaya, namun baru pada tahun 2010 ini, Diknas Propinsi Jambi mempersiapkan kontingennya. Rencana OSTN Nasional 2010 akan digelar di Semarang pada bulan Juli mendatang.

Bagaimana persiapan propinsi Jambi sendiri pada kegiatan ini?

Diadakan oleh OSTN dan Bela Negara Diknas Provinsi Jambi Bidang Dikmenti Seksi Bina SMK Jalan Jenderal A.Yani No.6 Telanaipura Lantai II, kegiatan persiapan OSTN SMK 2010 dibuka pada hari Kamis, 11 Juni 2010 pukul 20.00 WIB di hotel Ratu.  Hadir sebagai pejabat yang membuka acara tersebut adalah Drs. Ramli Samosir yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.  

Pentingnya kegiatan ini dilandasi oleh dasar kebijakan UU Sisdiknas No.20/2003.  Intinya adalah pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.  Bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis, serta bertanggung jawab.  Untuk memenuhi tujuan tsb maka berbagai usaha dalam bentuk kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional penting dilakukan.  Perkembangan era global yang menuntut penguasaan teknologi memerlukan persiapan membekali siswa dengan berbagai keterampilan yang kompetitif.  Salah satunya adalah bagaimana siswa menguasai konsep dasar sains terapan sehingga dapat diaplikasikan dengan baik.  Oleh karena itu kegiatan OSTN merupakan salah satu upaya yang mendukung tercapainya hal ini.

Selain itu, adanya kegiatan Olimpiade Sains Terapan Siswa SMK akan memberi manfaat  antara lain:
  1. Meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta didik daam peguasaan bidang sains terapan.
  2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan potensi SMK sebagai tempat pendidikan dan latihan yang berkualitas.
  3. Memperat tali persahabatan antar h=generasi muda dalam provinsi Jambi
  4. Meningkatkan citra SMK melalui unjuk kemampuan dalam bidang sains terapan.

Berlangsung selama 2 hari yaitu 12-13 Juni 2010, peserta yang hadir adalah masing-masing utusan dari tiap kabupaten/kota sebanyak 2 orang siswa SMKN atau SMKS beserta guru pendamping.  Namun hanya 17 sekolah SMK yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini.  Bidang lomba yang dikompetisikan adalah Matematika Teknologi, Matematika Non Teknologi, Fisika, Kimia, dan Biologi. 

Untuk ini siswa perlu mempersiapkan materi tes yang meliputi:
  1. Matematika Teknologi, yang meliputi aljabar, geometri, peluang, kombinatorik, kalkulus integral, penerapan pada permasalahan teknologi.
  2. Matematika non Teknologi, meliputi geometri, peluang dan kombinatorik, matematika keuangan, dan penerapan pada sosial dan bisnis.
  3. Fisika, meliputi mekanika, termometri, kalorimetri, cahaya, dan optik, listrik, dan magnet.
  4. Kimia, meliputi unsur, senyawa dan campuran, hukum-hukum dasar ilmu kimia, stoikiometri 1 dan 2, larutan elektrolit dan non elektrolit, asam, basa, dan garam, termokimia, kinetika kimia, keseimbangan dan disosiasi, pH larutan, struktur atom, ikatan kimia, tabel periodik, kimia radiasi, kimia organik hidrokarbon, karbonil, dan praktikum kimia (analisis gugus fungsi organik dan titrasi volumetri).
  5. Biologi, meliputi biologi sel, anatomi dan fisiologi tumbuhan dan hewan, genetika dan evolusi, serta ekologi.


Terdorong jiwa seorang guru, yang ingin anak bangsa menjadi maju maka Tim Olimpiade Propinsi Jambi (TOP) di bawah koordinator pak Encu Rukmana, pun berpartisipasi dalam membantu terlaksananya kegiatan ini.  Mulai dari mencari silabus OSTN, membuat soal, dan mengoreksi jawaban.  Selaku dewan juri, TOP (Encu Rukmana, S.Pd, Elizabeth T. S.Si, M.Pd, Sri Wahyuningsih, Dra Hj Rusiani, Zulfiati J, S.Pd, Samuri, S.Pd, Hariyanto, D.Sianturi, S.Pd, Umi, S.Pd, dll) telah berusaha semaksimal mungkin dan seobjektif mungkin dalam melaksanakan kegiatan ini.  Salut buat TOP!

Mata pelajaran sains baik matematika, fisika, kimia, dan biologi di SMK memang bukan mata pelajaran pokok.  Siswa belajar hanya selama 2 jam dalam satu minggu kecuali matematika 4 jam dalam seminggu.  Kendati persiapan yang belum begitu matang, informasi dan sosialisasi yang minim, serta penguasaan materi yang belum maksimal, namun lomba OST Prop.Jambi ini dapat terlaksana dengan baik.  Pada hari terakhir lomba, pengumuman pemenang 1,2,3, dan harapan 1, disertai penyerahan hadiah berupa uang tunai (juara 1 Rp. 4 juta; juara 2 Rp 3 juta; juara 3 Rp.1,5 juta; dan juara harapan 1 Rp. 500.000), piala, dan sertifikat.  Dari ke-4 juara pada masing-masing mata lomba tersebut, hanya diambil juara 1 dan juara 2 yang akan mewakili propinsi menuju seleksi tingkat Nasional.  Selamat kepada para pemenang!  Semoga semakin giat dalam meningkatkan penguasaan materi menuju tingkat Nasional di Semarang nanti. 



Satu Komentar

  1. Anonim says:

    Bu, ad photo2 / daftar peserta ostn 2010 ini gk??☺

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -