Posted by : ELIZABETH T Senin, 17 Mei 2010

WARMING UP OLIMPIADE SAINS TKT PROPINSI JAMBI 2010



(BERLAGA DI AJANG OLIMPIADE MIPA UNJA 2010)




Oleh:
Elizabeth T, S.Si, M.Pd
SMA Xaverius 1 Jambi


Salam Olimpiade!

Apa itu warming up? Kegiatan yang biasa dilakukan sebelum suatu kegiatan olah raga dimulai. Sebelum ajang kompetisi sains jenjang SMA tingkat propinsi dan nasional paling bergengsi di Indonesia ini digelar maka warming up (pemanasan) bagi peserta olimpiade sains perlu dilakukan. Salah satu bentuk kegiatan yang turut memberi motivasi dan membantu persiapan kompetisi olimpiade sains ini adalah lomba olimpiade MIPA yang diadakan Univ. Jambi pada 15-16 Mei 2010 di Balairung Unja-Kampus Mendalo.

Bidang lomba yang dipertandingkan adalah MAFIA nya mata pelajaran di SMA yaitu mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi. Peserta berasal dari jenjang SMA/MA baik kelas X maupun XI. Kali ini lomba MIPA yang diadakan Unja ini tak hanya mengundang peserta dari kota Jambi dan kabupaten di propinsi Jambi namun juga berasal dari Propinsi Lampung dan Bangka Belitung atau lomba se Sumbagsel. Puluhan sekolah berpartisipasi pada kegiatan ini.

Pelaksanaan lomba dibagi menjadi 3 tahap seleksi yaitu (1) babak penyisihan (2) babak semifinal (3) babak final. Pada bidang studi Kimia, dari babak penyisihan diambil 15 peserta menuju babak semifinal, sedangkan pada babak final sendiri hanya diikuti 7 peserta yang lolos seleksi. Soal-soal kimia berbentuk essay yang dikerjakan pun tergolong cukup sulit yaitu setara dengan soal-soal olimpiade tingkat nasional serta memerlukan analisis yang dalam terhadap pemecahan soal.

Berkat ketekunan dan kerja keras serta dukungan dari semua pihak baik dari peserta sendiri yang sudah berusaha maksimal. Bimbingan guru pembina masing-masing, doa orangtua, rekan-rekan, dukungan sekolah, dan semua pihak maka akhirnya peserta dapat melewati seluruh kegiatan ini dengan baik. Para juara dalam lomba MIPA Unja 2010 ini masih didominasi oleh peserta dari Kota Jambi, dengan SMA Xaverius 1 Jambi sebagai juara umum yang memenangkan 5 medali. Selain itu SMAN 1 Jambi berhasil meraih medali juara harapan 1 bidang kimia serta SMAN 3 Jambi berhasil menggondol juara 3 bidang Biologi serta juara 2 bidang Fisika. Sementara dari kabupaten yang berhasil meraih juara baru kabupaten Muaro yaitu SMA Titian Teras dan MAN Cendekia, pendatang baru dalam dunia olimpiade sains yang sudah boleh unjuk gigi karena prestasinya. Bravo buat semuanya!

Inilah data para juara olimpiade MIPA Unja 2010 sbb:

1. Bidang Biologi
Juara 1: Atin Suryani             MAN Cendekia        Kab. Muaro
Juara 2: Vinson Hartoyo       SMA Xaverius 1       Kota Jambi
Juara 3: Hendy W                  SMAN 3                    Kota Jambi
Harapan 1: E.Vina .A            SMA Titian Teras     Kab.Muaro

2. Bidang Kimia
Juara 1: Devina Jonathan      SMA Xaverius 1     Kota Jambi
Juara 2: Dzaky Abdul             SMA Titian Teras   Kab.Muaro
Juara 3: Candra DP               MAN Cendekia       Kab.Muaro
Harapan 1: Dwi Novia P        SMAN 1 Jambi       Kota Jambi

3. Bidang Fisika
Juara 1: Alphin Noviamus    SMA Xaverius 1       Kota Jambi
Juara 2: Mutiara Mawarni    SMAN 3                     Kota Jambi
Juara 3: Fauzi Gunawan      MAN Cendekia         Kab.Muaro
Harapan 1: Muamar             MAN Cendekia         Kab.Muaro

4. Bidang Matematika
Juara 1: Yoshua Yonatan      SMA Xaverius 2       Kota Jambi
Juara 2: Davin Kurnia           SMA Xaverius 1       Kota Jambi
Juara 3: Febri Antonius        SMA Xaverius 1       Kota Jambi
Harapan 1: Dinas Agus        SMA Titian Teras     Kab.Muaro


Apa sih resep menjadi juara? Tentu saja tak ada keberhasilan tanpa doa dan bekerja keras. Menjadi juara adalah suatu proses bukan seperti membalik telapak tangan. Menjalani proses belajar adalah hal yang penting dalam mengasah mental para juara. Tekun, tak mudah menyerah, berani menginvestasikan waktu, tenaga, perasaan, serta tentu saja punya kesempatan mengikuti berbagai kompetisi turut menjadi faktor-faktor pendukung suatu kemenangan.

Selamat ya, bagi para juara! Tetap pertahankan semangat dan daya juangmu, rendah hati, dan semoga apa yang diperoleh dapat memotivasi siswa lain untuk menggemari sains serta turut menciptakan atmosphere academic bagi kompetisi sains di propinsi Jambi. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai daya kompetisi di era global ini. Olimpiade sains turut berpartisipasi dalam menciptakan generasi muda yang kompetitif dan mampu berbicara di kancah dunia pada bidangnya masing-masing.

Akhirnya, sekali lagi, Penulis mengucapkan selamat bagi para juara! Serta selamat menempuh persiapan test seleksi Olimpiade Sains Tingkat Propinsi Jambi 2 Juni mendatang. Good luck! and God bless you…….

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -