Posted by : ELIZABETH T Minggu, 16 September 2012


OSTN SMK PROPINSI JAMBI 2012 – BRAVO!

Oleh:

Elizabeth Tjahjadarmawan, S.SI, M.Pd
Juri Kimia Terapan


Olimpiade Sains Nasional ternyata tidak saja diikuti peserta dari jenjang SD, SMP, dan SMA namun juga peserta dari sekolah kejuruan SMK.  Seleksi peserta nasional juga dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten hingga propinsi.   Berbeda dengan jenjang SMA, peserta nasional dari setiap propinsi hanya satu orang dan materi yang disajikan selevel dengan jenjang SMA namun lebih ke arah terapan.  Mata lomba yang diujikan adalah Kimia terapan, Fisika Terapan, Biologi Terapan, Matematika Terapan Non Teknologi, dan Matematika Terapan Teknologi. 

Kegiatan seleksi peserta Nasional OSTN tingkat propinsi Jambi dilaksanakan dari tanggal 12-15 September 2012 di Hotel Abadi Jambi.  Acara pembukaan dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jambi yang menyampaikan pesan-pesan bahwa kesuksesan dimulai dari kerja keras dan ketekunan.  Banyak orang-orang sukses berasal dari masyarakat bawah yang giat belajar. 
Acara OSTN SMK Prop Jambi di Hotel Abadi Jambi


Sebelum tes seleksi dilakukan, para peserta dibekali dengan pembinaan materi selama satu hari.  Oleh karena itu diharapkan para peserta yang akan bertanding sudah harus menguasahi materi dari sekolah masing-masing.  Pembinaan dari Propinsi sifatnya hanya skipping alias mengingat dan menambah wawasan materi, karena waktu pembinaannya yang sangat singkat. 
Tes seleksi dilaksanakan pada setiap bidang lomba dengan bentuk soal Pilihan Ganda, Isian singkat, dan essay.  Soal dibagi dalam dua sessi.  Sessi pertama dengan materi relatif lebih mudah dan sessi kedua untuk soal uraian yang lebih panjang.  Pada tahap propinsi belum ada tes praktikum, namun di tingkat nasional selain tes teori akan ada tambahan berupa dua sessi soal praktikum yang harus dikerjakan siswa.


Suasana pembinaan Bidang Kimia Terapan di ruang Kajanglako
Pembimbing dan siswa belajar bersama

Seleksi Tes Bidang Kimia Terapan

Acara Penutupan sekaligus pengumuman para pemenang di ruang Shanghai Hotel Abadi, dihadiri oleh Kasi Bina SMK Bapak Wehan, Ibu Roma Samosir selaku Pimpinan Proyek SMK, dan ketua panitia Bapak Irpan beserta dewan juri, bapak/ibu pendamping dan seluruh peserta.  Ramah tamah berlangsung hangat di ruangan itu.  Ketua Panitia menyampaikan laporan kegiatan berlangsung dengan lancar dan diharapkan pada tahun-tahun yang akan datang, peserta jauh lebih siap.


Bapak Irpan, Bapak Wehan, dan Ibu Roma dalam acara Penutupan


Pengumuman para pemenang dibacakan oleh ketua Dewan Juri Bapak Encu Rusmana, S.Pd guru fisika dari SMAN 3 Kota Jambi.  Berikut adalah para peraih piala OSTN Propinsi Jambi 2012:

1.  Matematika teknologi
Juara 1:  SMKN 1 Kota Jambi
Juara 2:  SMKN 3 Tebo
Juara 3:  SMKN 1 Merangin

2.     Matematika non teknologi
Juara 1:  SMK Unggul Sakti Kota Jambi
Juara 2:  SMKN 4 Tanjabtim
Juara 3:  SMKN  2 Tebo

3.     Biologi Terapan
Juara 1:  SMKN 1 Tanjabtim
Juara 2:  SMKN 3 Kota Jambi
Juara 3:  SMKN SPP Batanghari

4.     Fisika terapan
Juara 1:  SMK Unggul Sakti Kota Jambi
Juara 2:  SMKN 2 Kerinci
Juara 3:  SMKN 1 Pelepat Ilir Muaro Bungo

5.     Kimia Terapan
Juara 1:  SMKN 2 Tanjabtim
Juara 2:  SMKN 2 Batanghari
Juara 3:  SMKN 3 Kota Jambi

Masing-masing peserta mendapatkan reward berupa uang pembinaan (Rp. 5 juta bagi juara 1, Rp. 3 juta bagi Juara 2 dan Rp. 2.000.000 bagi juara 3), piala, dan sertifikat.


Dewan Juri Kimia dan Biologi berfoto bersama seusai acara penutupan
di Hotel Abadi Ruang Shanghai



Para juara berfoto bersama dengan Ketua Panitia, Kasie Bina SMK, Pimpro, dan para Dewan Juri.  Wajah-wajah gembira para pemenang terpancar namun perjuangan belum selesai.  Para jura 1 sebagai wakil propinsi Jambi masoih harus berjuang di tingkat Nasional yang akan diadakan di Yogyakarta pada tanggal 27-31 Oktober 2012 mendatang.

Para juara berfoto bersama Panitia

Bersama Ibu Nel dan Juara 3 OSTN Kimia Terapan-SMK N 3 Jambi

Bersama Juara 1 OSTN Fisika Terapan-SMK Unggul Sakti Jambi


Acara makan siang bersama usai acara penutupan


Bersama Pak Encu Rusmana, Ketua Dewan Juri


Acara ditutup dengan makan siang bersama.  Bravo OSTN Propinsi Jambi.  Terus berjuang demi kemajuan Pendidikan Di Indonesia khususnya Propinsi Jambi.


- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -