Posted by : ELIZABETH T Kamis, 06 September 2012

Iqbal, Joel Jordan, saya, Roni, dan Raihan - jagoan-jagoan sains masa depan
peserta OSN SD Prop Jambi - 2012

LAPORAN PERJALANAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL  JENJANG SD dan SMA 2012
Di JAKARTA

Ditulis oleh:

Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd
SMA Xaverius 1 JAMBI



Minggu, 02 September 2012

Bangun pagi di hari Minggu, 2 September 2012, seperti biasanya setelah saya menyelesaikan kegiatan kerohanian (memberi “makan” jiwa dan pikiran) segera saya mulai beraktivitas.   Pagi itu saya sedikit merasa lelah dan tegang.  Segala urusan saya sebagai seorang Ibu rumah tangga sekaligus wanita bekerja sering membuat saya benar-benar kurang beristirahat.  Apalagi menjelang keberangkatan tim olimpiade sains propinsi Jambi jenjang SD dan SMA membuat saya benar-benar full aktivitas mempersiapkan segala sesuatunya baik sebagai orangtua dari putra bungsu saya (Joel Jordan) yang mengikuti OSN SD IPA maupun saya sebagai guru dari murid saya Algeri yang mengikuti OSN KIMIA SMA.

Pesawat LION pukul 11.35 take off dari bandara udara Sultan Thaha Jambi membawa peserta jenjang SMA berjumlah 15 orang siswa/siswi (bidang studi Matematika (1 orang), Fisika (3 orang), Kimia (1 orang), Biologi (2 orang), Komputer (3 orang), Astronomi (2 orang), Geologi (1 orang), dan Ekonomi (2 orang)) diikuti 12 orang guru pendamping serta beberapa staff dari dinas propinsi Jambi sekaligus bersama Ibu Kasi Dikmen Propinsi Jambi, Ibu Yusnidar, S.Pd, M.Pd.   


Rombongan Siswa-siswi SMA Propinsi Jambi Peserta OSN Jakarta 2012 menunggu keberangkatan di bandara udara Sultan Thaha

Perjalanan di udara di siang hari yang cukup cerah itu cukup lancar meskipun pesawat sedikit mengalami bad landing karena pesawat yang kami tumpangi mengeluarkan bau avgas/avtur tepat setelah mendarat.  Saya pikir ini adalah akibat pendaratan yang kurang smooth sehingga terjadi gesekan hebat dengan landasan bandara.  Syukurlah, akhirnya rombongan tiba di bandara Sukarno Hatta dengan selamat.  Setelah menunggu bagasi dan sempat makan siang bersama di bandara akhirnya rombongan diantar oleh panitia daerah menuju lokasi hotel tempat siswa/i menginap dengan menggunakan bus bandara.  Peserta bidang studi matematika, kimia, fisika, dan biologi menginap di hotel Kartika Candra, jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan sedangkan peserta komputer, astronomi, geologi, dan ekonomi dipusatkan di hotel Kaisar daerah Duren Tiga Jakarta Selatan. Setelah saya mengantarkan Algeri, murid saya untuk melakukan registrasi peserta maka kunci kamar segera diberikan sehingga peserta dapat segera beristirahat dari perjalanan yang panjang.   

Registrasi Peserta OSN SMA Jakarta 2012 di Hotel Gatot Subroto

Akhirnya tugas saya pun selesai pada hari itu.  Saya bergabung kembali dengan teman-teman guru dan orangtua murid beberapa siswa SD dari propinsi Jambi menuju hotel Bidakara untuk mendampingi siswa SD yang juga melakukan registrasi sekaligus mencari penginapan.

Senin, 03 September 2012
Spanduk bertuliskan OSN Nasional 2012 dengan motto membentuk generasi emas yang inovatif, berbudaya, dan berdaya saing bertebaran di sekitar Pedepokan Pencak Silat TMII.  Di sinilah tempat acara pembukaan berlangsung pada pukul 09.00 WIB. 
 Padepokan Pencak Silat TMII Pondok Gede Tempat Pembukaan OSN Jakarta 2012

Setiap peserta dengan menggunakan kostum seragam kaos aneka warna yang mencirikan bidang studi masing-masing mulai memenuhi ruangan.  Sementara sebagian para guru dan orangtua duduk di dalam tenda di bagian luar gedung.  Mendikbud Bapak Muh.Nuh membuka langsung acara ini dan disambut meriah oleh para peserta.  Beliau menyampaikan adanya OSN memicu budaya berkompetisi akademik secara sehat.  Berbagai tayangan lagu-lagu dan kesenian daerah dipertunjukkan di sini. 

 Peserta OSN 2012 Jenjang SD, SMA, dan Guru menghadiri acara pembukaan di Pedopokan Pencak Silat TMII Pondok Gede

Sekitar pukul 11.30 WIB acara telah selesai dan para peserta kembali ke hotel masing-masing.  Technical meeting dilaksanakan setelah acara makan siang.  Penjelasan mengenai teknis pelaksanaan tes teori dan praktikum diikuti oleh para peserta sendiri agar memperoleh persepsi yang sama terhadap tes pada keesokan harinya.   

Selasa- Rabu, 04-05 September 2012
Hari ke-3 dan ke-4 pelaksanaan OSN 2012 ini adalah hari yang paling mendebarkan para peserta karena inilah hari-hari puncak perjuangan para peserta.  Tes teori diberi score 60% dari total score dan tes praktikum diberi score  40% dari total score.  Tes teori dan praktikum bagi bidang studi kimia berlangsung di SMAN 70 Bulungan Jakrata Selatan, bidang matematika dan fisika melangsungkan tes di SMAN 28 Jakarta, mata lomba biologi berlangsung di SMA Husni Thamrin Jakarta, bidang astronomi dan ekonomi dipusatkan di Fakultas Ekonomi UI dan Bursa Efek Jakarta, bidang komputer berlangsung di Fisikom UI, sedangkan geologi atau kebumian melaksanakan tes di SMAN 28, pantai Ancol, dan Akademi meteorologi Jakarta. 

Waktu pelaksanaan tes berbeda-beda.  Bidang kimia yang saya amati melaksanakan tes teori sekitar 4 jam dan tes praktikum sebanyak 2 tahap masing-masing 2,5 jam meliputi materi praktik kimia anorganik dan kimia organik yaitu titrasi dan TLC.  Sekitar pukul 14.00 WIB, wajah-wajah kusut namun lega keluar dari ruangan kelas yang nyaman di SMAN 70 Jakarta Selatan.  Selesailah tugas mereka.  Bagaimanapun semua peserta nasional ini telah berusaha semaksimal mungkin.  Akankah mereka menjadi juara OSN 2012?  Jawabannya adalah penantian yang mendebarkan pada acara penganugerahan pemenang sekaligus penutupan acara OSN 2012 di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta Kamis, 06 Sept 2012 esok hari.


Kamis, 06 September 2012
Hari ini adalah hari terakhir sebelum para peserta meninggalkan Jakarta pulang ke daerah masing-masing.  Kegiatan pada pagi hari, para peserta mengikuti wisata edukasi ke berbagai lokasi sesuai bidang studi masing-masing.  Sementara pada malam hari pukul 19.00 WIB mereka sudah harus tiba di lokasi Padepokan TMII untuk menghadiri acara penutupan sekaligus pengumuman.  Peserta jenjang SMA mengunjungi TMII sedangkan siswa-siswi SD bertamasya ke Taman Safari Bogor.  Wajah-wajah gembira tersirat di wajah mereka. Saya pun ikut gembira.

Tepat pukul 18.00 WIB peserta dan para guru beserta orangtua telah bersiap-siap menghadiri acara penutupan OSN 2012 di Padepokan Pencak Silat.  Inilah saat yang ditunggu-tunggu....



Acara tepat berlangsung 19.30 WIB. Lagu Indonesia Raya diiringi paduan suara Youth Choir SMAN 78 Jakarta membuka acara. Dengan dipandu oleh dua orang MC yang sudah kondang, canda dan sikap komunikatif dari MC akhirnya mencairkan suasana yang tegang.  Ditambah lagu Tanah Air dan We’re the Champion yang dibawakan oleh Sean runner up Indonesia Idol 2012. 

Sebelum pembacaan para pemenang, Bapak wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Dirjen Dikdas memberikan kata sambutan dan pesan kepada seluruh peserta yang berjumlah sekitar 1926 baik dari jenjang SD, SMP, SMA, PKLK Dikdas dan Dikmen serta guru-guru SMP dan SMA.  Beliau menyampaikan bahwa tujuan diadakannya OSN adalah memilih wakil untuk olimpiade International, menjaga sportivitas, dan semangat berprestasi dan berdaya saing demi menghadapi kompetisi era global ini.  Diharapkan generasi bangsa menjadi generasi yang kompetitif untuk mampu bersaing di kancah dunia.  Para peraih medali emas diharapkan dapat mewakili Indonesia pada kompetisi di tingkat internasional.  Akhirnya beliau juga berpesan bahwa semua peserta adalah pemenang, kekalahan adalah keberhasilan yang tertunda.  Oleh karena itu peserta diharapkan terus mengembangkan jiwa semangat berkompetisi.

Bapak Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kata sambutan


Paduan suara Youth Choir SMAN 78 Jakarta membuka acara


Runner Indonesia Idol 2012 Sean menghibur acara


Hasil Olimpiade Sains untuk propinsi Jambi cukup menggembirakan meskipun hal ini seharusnya menjadi catatan dinas pendidikan propinsi Jambi untuk terus meningkatkan prestasi olimpiade sains di tingkat nasional.  Dibandingkan propinsi lainnya seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Bali, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Utara, bahkan Papua, Propinsi Jambi masih banyak harus berbenah diri. 

Propinsi Jambi untuk jenjang SMA meraih 4 medali (2 perunggu bidang komputer untuk SMA Xaverius 1 Jambi, 1 medali perunggu bidang biologi SMAN 1 Jambi, dan medali perunggu bidang ekonomi SMAN 3 Jambi).  Sementara jenjang SD meraih juara harapan bidang IPA (Joel Jordan, SD Xaverius 1 Jambi), juara harapan bidang MTK (Raihan MUfadhal, SD IT Nurul Ilmi Jambi), dan juara harapan bidang IPA (Iqbal Prasetyo, SDN 112 Perumnas Kabupaten Batanghari).  Guru pembimbing dari SDN 112 Batanghari Ibu Suparni juga mengaku pola pembinaan peserta OSN di Propinsi Jambi perlu diperbaiki dan ditingkatkan pada tahun-tahun yang akan datang.
Ibu Suparni, Pembina Olimpiade SD-MTK dari SDN 112 Batanghari bersama
peserta SD dari Propinsi Jambi

Pak Cepi, Pembina dari Prop Jabar bersama peserta OSN SD dari Prop Jambi 2012
Lobi Hotel Bidakara Jakarta Selatan
(Pak Cepi, Joel Jordan, Roni, DIan, Iqbal, Kevin, dan Raihan bersama guru dan orangtua)


Joel Jordan-Bid. IPA SD Xaverius 2 Jambi- Juara Harapan IPA-OSN 2012

Selesailah tugas saya sebagai guru sekaligus ibu dalam hal mengantarkan murid dan anak saya meraih prestasi di ajang Olimpiade Sains Nasional ini.  Meskipun baru bisa meraih juara harapan bidang IPA namun inilah titik awal melangkah menuju prestasi yang lebih baik di jenjang SMP dan seterusnya.  Pengalaman berkompetisi akan tertanam dalam jiwa setiap peserta dan akan terus berkembang menghasilkan pribadi yang kompetitif, inovatif, dan berprestasi.  Tidak akan pernah sia-sia usaha yang telah dilakukan, Tuhan senantiasa memberkati setiap orang yang mau berusaha dengan baik.  Jadi jangan pernah katakan gagal namun belum berhasil.  Kesetiaan dan ketekunan sampai akhir diperlukan bagi orang-orang yang akan sukses di kemudian hari. Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhanku Yesus Kristus, sebutan bagi iman kepercayaan saya.  I always give thanks for what was, what is, and what will.  Thanks Lord !

Teruskan perjuangan meraih prestasi.  Bravo olimpiade sains Indonesia!




- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -