Posted by : ELIZABETH T Kamis, 10 Mei 2012



INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AJANG LOMBA FLS2N SMP




Maraknya implementasi pendidikan karakter bangsa sejak dicanangkan pemerintah sekitar tahun 2010 tercermin juga dengan adanya Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).  Program tahunan Kemendiknas ini  merupakan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang seni dan sastra. Diharapkan kegiatan ini mampu menjadi wadah berkembangnya potensi siswa di bidang seni sehingga menghasilkan suatu karya dan prestasi bagi dunia pendidikan khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kegiatan seni dan sastra memfasilitasi siswa untuk berolah rasa dan olah jiwa sehingga dapat memberi keseimbangan bagi otak kanan dan kiri.  Akibatnya selain memperhalus budi pekerti, seni ikut mencerdaskan otak.  Seni mengintegrasikan berbagai karakter kesabaran, ketekunan, mandiri, kejujuran, tanggung jawab, empati, kerja keras, cinta terhadap bangsa dan negara, serta rasa kagum terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa.  Apalagi tema lomba yang diadakan di Propinsi Jambi tahun 2012 ini adalah KITA TINGKATKAN SIKAP SPORTIF, TANGGUNG JAWAB, SERTA APRESIASI TERHADAP NILAI BUDAYA.

Seleksi FLS2N jenjang SD dan SMP berlangsung dari tanggal 6 Mei 2012 hingga 10 Mei 2012.  Peserta dari berbagai kabupaten di propinsi Jambi mulai berdatangan dan check in di hotel Ratu (SD) dan hotel Grand (SMP) pada hari Minggu 6 Mei. Pembukaan acara berlangsung di ruang Mandarin Hotel Abadi Jambi pada keesokan harinya 7 Mei 2012.  Sedangan perlombaan pada 12 cabang mata lomba untuk jenjang SMP dan 6 mata lomba jenjang SD dilaksanakan pada tanggal 7 Mei dan 8 Mei 2012.  Sebelum berlomba, para guru pembimbing melakukan technical meeting singkat dengan cara mendengarkan penjelasan dari para dewan juri.  Perlombaan yang berlangsung di ruang-ruang di hotel Abadi berlangsung lancar.  Tidak perlu menunggu hingga keesokan harinya karena dua jam setelah melaksanakan lomba, dewan juri langsung mengumumkan para pemenangnya.  Juara pertama setiap mata lomba berhak mewakili propinsi Jambi pada ajang seleksi tingkat Nasional di Mataram NTB bulan Juni mendatang. 

Rabu 9 Mei 2012 pukul 19.30 WIB acara FLS2N tingkat propinsi Jambi ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jambi Drs. Idham Khalid, M.E. Di samping mengucapkan selamat kepada para pemenang, beliau juga berpesan agar para wakil propinsi Jambi membawa nama baik di ajang nasional nanti serta dapat mengharumkan nama propinsi Jambi. Pada acara ini disajikan penampilan para juara pertama lomba di bidang vocal group, menyanyi solo, dan desain batik, serta seni kriya. Pengumuman para pemenang oleh koordinator dewan juri disambut meriah.

Pemenang pertama jenjang SD
  1. Cerpen:  Kabupaten Muaro
  2. Cerita bergambar:  Kabupaten Merangin
  3. Tari daerah:  Kabupaten Merangin
  4. Seni kriya:  Kabupaten Merangin
  5. Pidato bahasa Indonesia:  Kabupaten Bungo

Pemenang pertama jenjuang SMP
  1. Desain motif batik:  Kota Jambi
  2. Vocal Group:  Kota Jambi
  3. Cipta lagu:  Kota Jambi
  4. Cipta puisi:  Kota Jambi
  5. Seni tari:  Kabupaten Batanghari
  6. Seni membaca Alquran Putra:  Kabupaten Muaro Jambi
  7. Seni membaca Alquran Putri:  Kota Jambi
  8. Cipta Cerpen:  Kabupaten Sarolangun
  9. Story Telling:  Kota Jambi
  10. Menyani solo:  Kabupaten Bungo
  11. Seni tari Japin:  Kabupaten Merangin
  12. Cerita Rakyat:  Kota Sungai Penuh
  13. Seni lukis:  Kabupaten Tebo

Selamat kepada para pemenang.  Teruskan perjuangan.  Selamat berlomba di ajang Nasional.  Setelah pengumuman para pemenang berfoto bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jambi.  Dilanjutkan acara ramah tamah.  Para pemenang mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan sejumlah uang pembinaan.  

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -