Posted by : ELIZABETH T Rabu, 13 April 2011

APA SIH SUKSES ITU?

by

ELIZABETH T, S.Si, M.Pd



Elizabeth di studio TVRI - Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Naskah Buku - Pusbuk Tkt Nasional Juni 2010


SUKSES? Dambaan semua orang…tapi sukses itu relatif ya? Ada yang menganggap bahwa sukses itu adalah ketika berhasil mendapatkan kedudukan tertentu. Sukses dalam studi, sukses dalam berbisnis, sukses dalam membina rumah tangga, sukses dalam membesarkan dan membuat anak-anak berbahagia, sukses dalam karier mendapatkan posisi dan gaji yang besar... sukses apa lagi ya?? Begitulah beribu jenis definisi sukses menurut pemikiran berbagai orang. Namun sesungguhnya sukses merupakan peristiwa ketika seseorang mencapai sesuatu yang dimimpikannya. Tidak salah memang suatu kata mutiara mengatakan bahwa be dare to have a great dream because your dream will be come true...Banyak tokoh dunia meraih sukses yang dimulai dari memiliki sebuah mimpi...Untuk hal ini saya setuju 100% karena saya telah membuktikan bahwa dengan memiliki mimpi dan niat hati yang kuat untuk mencapai sesuatu maka sukses telah menanti di depan kita….mari ikuti pengalaman saya berikut dalam sebuah artikel kecil berikut…

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu, sekitar 3 tahun, saya memendam keinginan mengikuti suatu lomba menulis berskala nasional. Berbagai kesibukan dan kegiatan saya yang padat seringkali membuat saya gagal mengikuti event tersebut padahal menulis adalah hobby saya sejak kecil.Dengan menulis maka seluruh ide akan tertuang dan plooooong rasanya... Di sela-sela waktu senggang, saya selalu usahakan untuk menulis...Kegiatan ini juga tidak sulit kok. Banyak orang mengatakan menulis itu susah ya.. repot banget...gak ada ide.... Apakah benar? Padahal? Menulis itu mudah..murah..dan meriah...tidak dibatasi usia, waktu, dan tempat.. siapa saja, kapan saja, di mana saja bisa menulis. Ide menulis pun bisa datang dari berbagai sumber. Hanya dengan mengamati keadaan dan kejadian sehari-hari maka kita bisa menulis. Nah hal ini yang saya lakukan dalam kaitannya dnegan hobby menulis saya tadi.. Kita kembali ke… kerinduan hati saya untuk mengikuti lomba menulis berskala nasional tadi. Ternyata mimpi kita suatu saat menjadi kenyataan asalkan mau berusaha dengan tekun dan niat hati yang kuat… Akhirnya ketika datang brosur lomba menulis naskah buku pengayaan bagi guru yang diadakan oleh PUSAT PERBUKUAN NASIONAL (PUSBUK) di JAKARTA untuk tahun 2010 maka nah..inilah saatnya saya mengikuti event lomba ini. Ide menulis naskahpun mengalir begitu deras. Akhirnya saya memilih ide naskah tentang Cassiavera yang merupakan sumberdaya alam hayati terbesar yang ada di propinsi tempat saya tinggal. Akhirnya setelah melalui berbagai riset baik studi pustaka dan lapangan, ahirnya jadilah naskah buku pengayaan kategori sains jenjang SMA. Selama hampir 8 bulan buku itu saya tulis dan akhirnya selesailah, lega rasanya… Sayapun mengirim naskah tersebut..sambil berdoa dan berharap agar bisa menang..atau paling tidak masuk finalis deh… begitulah yang saya harap…sampai suatu saat di suatu sore….

Selasa 25 Mei 2010 pukul 16.15 WIB ketika saya sedang mengajar di kelas, di sekolah saya SMA Xaverius 1 Jambi, datang seorang teman dari bagian Tata Usaha menyampaikan selembar amplop coklat besar. Jantung berdegup kencang saat saya baca kop surat yang tertulis Kementerian Pendidikan Nasional-Pusat Perbukuan Nasional. Sudah beberapa minggu hati berdebar menunggu pengumuman pemenang sayembara penulisan buku pengayaan 2010 yang akan diumumkan pada bulan Juni 2010. Dan kini amplop pemanggilan pemenang pun sudah tiba di tangan! Sore itu adalah salah satu hari yang paling bersejarah dalam hidup saya, ketika cita-cita menulis buku dan menjadi pemenang terkabul. Inilah suatu anugerah yang luar biasa besar dari Tuhan Pengasih, rasa syukur dan sujud saya tiada tara kepadaNya atas segala berkah yang saya terima.Naskah buku yang saya tulis tersebut akhirnya ditetapkan menjadi pemenang pertama sebagai buku pengayaan sains jenjang SMA-tingkat Nasional pada tgl 8 Juni 2010 di hotel Oasis Amir-Jakarta setelah melalui penjurian yang luar biasa ketat di antara lebih dari seribu naskah buku dari seluruh Indonesia.

Sedikit cerita tentang kegiatan pada ajang lomba bergengsi tersebut yang diadakan mulai tanggal 7 hingga 10 Juni 2010 di hotel Oasis Amir Jakarta. Hari pertama yaitu wawancara dengan dewan juri dengan tujuan menegaskan keorisinilan karya yang dibuat. Hari yang cukup menegangkan ini akan menentukan siapa pemenang lomba. Hari-hari berikutnya merupakan hari yang menyenangkan, di samping pembekalan peserta dengan berbagai materi tentang menulis, bertemu pejabat-pejabat di lingkungan kementerian pendidikan nasional, wisata edukasi hingga pengumuman pemenang secara resmi dan live di studio TVRI pada tanggal 09 Juni 2010. Seluruh pemenang dengan mengenakan seragam batik warna merah muda kombinasi coklat hadir bersama para dewan juri dan pejabat di lingkungan Kementrian Pendidikan Nasional. Acara yang disiarkan dengan durasi hampir 30 menit ini, dimeriahkan oleh artis Delon Indonesia Idol dan Samuel AFI serta duta baca artis Yessy Gusman. Suatu pengalaman yang berkesan tak terlupakan.

Nah, melalui pegalaman ini saya ingin menyampaikan sedikit suggestion(saran). Melihat pentingnya menulis, hindari enggan menulis. Bagi siapa saja, cintailah menulis. Khususnya bagi guru, diharapkan bahwa guru akan turut berperan membangun manusia Indonesia yang religius, cerdas, bermartabat, mandiri, dan kompetitif di era global melalui karya tulisannya. Naskah hasil karya kita yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan keterampilan, serta membentuk kepribadian peserta didik.Mencermati dampak yang sangat luas dari suatu karya penulisan, yang bisa dibaca oleh banyak orang tanpa dibatasi waktu dan tempat maka jadikan aktivitas menulis itu adalah suatu berkah...... Berkah ketika ide tulisan kita akan membuka wawasan, menginspirasi, memberikan solusi, atau memotivasi para pembaca khususnya dunia pendidikan. Majunya dunia pendidikan kita adalah partisipasi kita bersama.

Akhirnya, giatlah menulis, karena menulis itu gampang, asalkan ada kemauan, memberikan waktu, rajin berlatih, banyak membaca, serta berusaha mengasah kepekaan menarik informasi dari apa yang dibaca, dilihat, didengar, serta menuangkannya dalam bentuk tulisan yang bermakna. Menulis itu berkah tiadatara…………………………………………………………Demikianlah sedikit tentang pengalaman saya dalam meraih mimpi menjadi juara pertama lomba menulis buku tingkat nasional, suatu ajang menulis yang bergengsi… mimpi saya telah menjadi kenyataan…. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi pembaca. AMIN.

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -