Posted by : ELIZABETH T Jumat, 25 April 2008


Sepucuk Jambi, Sembilan Lurah…..kota Jambi dengan kampus Pinang Masak atau Unja sangat bangga bisa menghadirkan seorang pakar teknologi pendidikan yaitu guru besar dari Universitas Negeri Malang. Beliau adalah Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.A yang menjadi narasumber pada perkuliahan umum tersebut. Acara diadakan pada hari Sabtu 19 April 2008 tepat pukul 08.00 di ruang aula rektorat baru yang nyaman, dihadiri sekitar 100 mahasiswa dari 4 kelas. Pembukaan oleh Bapak Rektor yang sangat mendukung event seperti ini, mengawali perkuliahan.



Dengan mengambil tema perkuliahan Trend Terbaru Kecenderungan Penelitian Teknologi Pendidikan, beliau mulai menjelaskan pengertian baru terhadap teknologi pendidikan (TEP). Kajian dan praktik yang didasarkan pada etika untuk mempermudah belajar dan meningkatkan unjuk kerja dengan cara menciptakan, menggunakan dan mengelola proses dan sumber teknologi secara memadai; merupakan definisi TEP. Ada pertanyaan yang cukup menggelitik terhadap alasan mengapa kita perlu menggunakan cara-cara berbasis teknologi? Hal yang mendasarinya adalah karena teknologi bukan saja sebagai sistem penyampaian tetapi juga sebagai komponen pemecah masalah pendidikan. Selain itu, masalah penelitian dapat dinyatakan secara jelas sehingga memberikan kontribusi bagi metode yang ingin diuji. Lalu bagaimana memulai penelitian? Beliau menjelaskan bahwa terdapat lima domain TEP yaitu desain, pengembangan, pemanfaatan, manajemen dan evaluasi yang masing-masing diuraikan menjadi begitu banyak topik dalam melakukan penelitian nantinya. Saat ini trend dalam penelitian TEP berfokus pada design research dan kajian komparasi media. Kajian ini mungkin saja menjadi dasar keputusan adopsi dan untuk memenuhi kebutuhan pengambil kebijakan. Di samping itu beliau menambahkan bahwa trend dalam penyajian pembelajaran adalah distance learning atau virtual learning movement dan web based distance education, yang saat ini merupakan topik penelitian yang sedang digarap di UNM.


Begitu banyak topik yang bisa dikembangkan dari kelima domain TEP di atas, rekan-rekan mahasiswa tak perlu ragu kehabisan ide. Menurut prof. Punaji, salah satu topik penelitian yang dapat dilakukan adalah PTK namun dengan tingkat kedalaman analisis yang memadai untuk S2. OK, selamat berjuang, semoga perkuliahan umum ini dapat memberi motivasi dan inspirasi bagi kita dalam rangka mempersiapkan penulisan proposal penelitian nantinya.

Dengan berakhirnya forum diskusi, perkuliahan pun ditutup tepat pukul 12.00 WIB; kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Dr. Suratno sebagai Dekan Fakultas Pascasarjana Universitas Jambi serta Dr M. Rusdi sebagai Ketua Program Studi Pasacasarjana Teknologi Pendidikan. Selamat…..!!! Semoga Pasca-TP semakin berjaya……………………….!!


Bagi rekan-rekan yang ingin contact ke Prof. Punaji silakan email ke




- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -