Posted by : kusukakimia Jumat, 06 Januari 2017

INDONESIA MEMBACA 2017:  
SINOPSIS BUKU-BUKU TULISAN
ELIZABETH  TJAHJADARMAWAN, S.Si, M.Pd


Indonesia membaca 2017 dicanangkan sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi membaca Indonesia.  Hasil evaluasi literasi membaca Indonesia menurut PISA 2015, Indonesia masih menduduki urutan ke-9 dari bawah artinya perbaikan perlu ditingkatkan untuk mencapai score standar literasi membaca terkait kualitas pendidikan.

Jumlah buku bacaan yang ditulis oleh masyarakt Indonesia belum banyak termasuk jumlah dan aktivitas perpustakaan di Indonesia masih minim.  Hal-hal ini menjadi salah satu ciri bahwa literasi di Indonesia perlu ditingkatkan kualitasnya.  Oleh karena itu diharapkan daya baca dan melatih menulis dapat membudaya di kalangan pendidikan terutama guru.  Berikut adalah buku-buku yang ditulis oleh Elizabeth Tjahjadarmawan, S.SI, M.Pd hasil dari gerakan literasi di sekolah yang sudah dicetak dan diterbitkan:

1.  SINOPSIS BUKU MERANGKAI KATA- MENITI ASA terbit 2016

            Buku Merangkai Kata Meniti Asa 1 dalam Gerakan Literasi Sekolah merupakan produk literasi membaca, menulis, dan sains peserta didik kelas 12 IPA SMA Xaverius 1 Kota Jambi Tahun ajaran 2016-2017 di bawah bimbingan Ibu Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd sekaligus editor.   Buku ini berisi deskripsi sifat kimia pada 105 buah unsur kimia di tabel SPU yang ditulis dalam bentuk puisi sehingga menghasilkan tulisan ilmiah yang indah sekaligus mencerminkan nilai-nilai karakter seperti yang diharapkan dari perjalanan panjang proses pembelajaran.
            Bagi pembaca umum, diharapkan buku ini dapat menjadi sumber inspirasi ilmiah yang mempunyai nilai seni. Khususnya bagi para pendidik, buku ini diharapkan dapat memberi inspirasi bagaimana mengimplementasikan  proses pembelajaran kimia atau mata pelajaran lainnya lebih menyenangkan dan menyentuh emosi sehingga dapat diingat siswa sepanjang hayat sebagai bentuk pembelajaran bermakna sepanjang hayat.
 


2.  SINOPSIS BUKU:  MENJADI JUARA BEST PRACTICE GURU terbit 2016

Buku ini berisi contoh makalah Best Practice yang telah dilaksanakan, ditulis, dan diikutkan pada kompetisi Best Practice Guru dan Pengawas Sekolah yang diadakan oleh P2TK Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tingkat Nasional pada tahun 2013 di Puncak Bogor serta meraih juara sebagai pemenang terbaik Best Practice Guru 2013.  Oleh karena itu Penulis ingin berbagi pada para pembaca baik pendidik maupun pembaca umum tentang pengalaman yang ditulis dalam bentuk laporan karya ilmiah.

Makalah Best Practice ini ditulis dengan judul MENDULANG MEDALI OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) KIMIA SMA MELALUI PROGRAM PENGAYAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HOTS DI KELAS 11 IPA SMA XAVERIUS 1 JAMBI berisi pengalaman Penulis dalam melaksanakan pembelajaran yang menghasilkan siswa-siswi berprestasi dalam perolehan medali OSN Kimia dari tahun 2005 hingga kini.  Oleh karena itu Penulis ingin berbagi kepada insan pendidik sehingga dapat berperan serta membimbing siswa-siswinya untuk mengembangkan potensi mereka menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan memiliki daya kompetitif.
 

3.  SINOPSIS BUKU: NGOPI DULU terbit 2017

     Sejak dicanangkan gerakan literasi sekolah melalui Permendikbud no 21 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui bahasa maka seluruh sekolah mulai melakukan gerakan membiasakan membaca.  Kegiatan membiasakan membaca harus dirancang dalam sistem yang konsisten dan berkesinambungan serta dilakukan oleh semua warga sekolah dimulai dari pendidik.  Ragam bacaan harus tersedia di sekolah sehingga daya tarik membaca dapat mulai tumbuh di dalam setiap individu. 

            Kumpulan artikel pendidikan berisi deskripsi kegiatan keguruan yang ditulis berdasarkan pengalaman Penulis selama mengabdi dalam dunia pendidikan disajikan dalam buku NGOPI DULU ... .  Buku ini bertujuan memberikan inspirasi bagi para pendidik untuk berlatih menulis diawali dari mengamati dan menceritakan kegiatan yang sedang dilakukan sehingga dapat menjadi salah satu sumber informasi bagi pembaca yang akan melakukan kegiatan yang sama pada tahun-tahun berikutnya atau sumber referensi dalam kegiatan-kegiatan sejenis termasuk inovasi dalam proses pembelajaran.  Menulis dapat dimulai kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja, dan sumber ide dapat diperoleh dari mana saja seperti yang dituangkan dalam buku NGOPI DULU ...  ini.
 

4.  SINOPSIS BUKU: 
METODE AMPELAS TRIK JITU MENJADI JUARA BEST PRACTICE 



Metode AMPELAS dalam trik jitu menjadi juara best practice adalah metode yang diterapkan Penulis sehingga menjadi juara best practice guru tingkat nasional (P2TK Dikmen Kemendikbud) pada tahun 2013 serta memperoleh kesempatan mengikuti Benchmark Education bersama tim dari Kemendikbud ke Korea Selatan dan Jepang pada tahun 2015.  Metode AMPELAS merupakan salah satu metode bagaimana memulai penelitian best practice bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.  Tahapan dalam metode AMPELAS menuntun para calon peneliti untuk berani memulai meneliti.  Diawali dari kegiatan pengamatan sehari-hari selama proses pembelajaran berlangsung serta mencatatnya dalam jurnal harian guru maka berbagai masalah yang muncul dapat direkapitulasi serta dipilih sebagai topik penelitian.  Selanjutnya studi literatur perlu dipelajari sebagai dasar teori dan pemikiran untuk menentukan  metode yang akan dilaksanakan di lapangan dengan tujuan penyelesaian permasalahan pembelajaran.  Akhirnya semua kegiatan penelitian harus terdokumentasikan dengan detil menjadi sebuah naskah karya ilmiah best practice yang dapat diikutkan pada lomba best practice atau sebagai kelengkapan syarat kenaikan pangkat.  Lebih dari itu, dengan melaksanakan kegiatan penelitian best practice maka guru, kepala sekolah, dan pengawas telah berkontribusi dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia.

            Selanjutnya trik membuat power point, dan presentasi juga harus dipelajari sehingga mendapat nilai yang terbaik dari dewan juri untuk menjadi juara best practice.  Selamat mencoba dan hindari menunda karena laju kebutuhan peningkatan kualitas outcome pendidikan bergerak pesat bahkan tak terbendung lagi.
5.  SINOPSIS BUKU:  KELAS KIMIA PUNYA CERITA


Belajar itu suatu proses memanusiakan manusia.  Belajar harus memberi pengalaman bermakna yang membuat siswa mengambil keputusan menjadi pembelajar sepanjang hayat.  Belajar bermakna akan menuntun proses perubahan paradigma berpikir yang memengaruhi perilaku siswa dalam mengambil keputusan bijak dalam hidup.  Hal ini akan tercipta hanya jika siswa mengalami langsung keadaan real life dalam pembelajaran kontekstual yang membekali siswa dengan  berbagai life skill.
          Kimia sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum sekolah jenjang pendidikan menengah yang sarat akan pemahaman mikroskopik, harus bisa dikaitkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang dekat dengan siswa.  Buku ini menceritakan kelas kimia di sekolah (SMA Xaverius 1 Jambi) yang memberi pengalaman penuh kesan baik menyenangkan, seru, lucu, hingga menyebalkan, serta luapan keinginan dalam hati siswa terhadap pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka.  Hal-hal ini dapat menjadi bahan evaluasi bersama bagi guru dan siswa bagaimana menciptakan kondisi pembelajaran yang ideal.  Selamat mengarungi petualangan seru di kelas kimia.

6.  SINOPSIS BUKU:
ENVIRONMENTAL LITERACY:  SEJUAT RAHASIA CASSIAVERA KERINCI


Judul Environmental
Literacy dalam Sejuta Rahasia                                Cassiavera Kerinci
Nama Penulis                      :  Elizabeth
Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd
Guru bidang studi               :  Kimia
Instansi                                :  SMA Xaverius 1 Jambi
Alumni menulis                 :  Media Guru MWC Batch 2 Jakarta, April 2017.
Segmen pembaca                 :  Guru, siswa, pembaca umum
Jenis buku                               :  Populer
Sinopsis                                  :

            Manusia dan lingkungan bagai simbiosis mutualisme. Memiliki interaksi ketergantungan yang saling menguntungkan, manusia perlu memiliki kesadaran bahwa alam perlu dijaga, dilestarikan, dan dimanfaatkan bagi keseimbangan ekosistem, dan kesejahteraan penghuni planet bumi ini. Bercermin dari sepenggal tanah surga yaitu Kerinci, sebuah kabupaten di bagian paling ujung sebelah barat Provinsi Jambi menyadarkan kita bahwa kekayaan sumberdaya alam berbasis keunggulan lokal di berbagai provinsi di Indonesia adalah sumber pembelajaran yang menumbuhkan  environmental literacy bagi generasi penerus bangsa.
            Kerinci adalah produsen terbesar kulit kayu manis dunia yang nama dagangnya adalah Cassiavera. Cassiavera Kerinci (Cinnamomum burmannii) sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Menjadi produk yang diekspor ke manca negara sejak tahun 1800, salah satunya adalah perusahaan cinnamon dunia yang terkenal yaitu Watkins Cinnamon hingga kini tidak menjadikan Cassiavera dikenal orang bahkan masyarakat Jambi sendiri. 
            Buku ini membuka wawasan pengetahuan tentang sejuta rahasia Cassiavera Kerinci.  Bahasan deskriptif pengenalan Cassiavera Kerinci, budidaya tanaman, aspek kimia, pemanfaatannya bagi dunia industri hingga kesehatan, teknologi sederhana memperoleh zat aktifnya, aplikasi sederhana pada tingkat industri rumah tangga dan eksperimen di laboratorium sekolah merupakan sumber referensi yang diharapkan menumbuhkan environmental literacy bagi pembaca khususnya guru dan siswa di semua jenjang pendidikan.


Bagi pembaca yang berkenan memesan buku-buku tersebut dapat menghubungi WA pada no berikut:

0853-8340-3600 (Elizabeth Tjahjadarmawan).


- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -