Posted by : kusukakimia Minggu, 24 April 2016

IGI:  PELATIHAN MENULIS BEST PRACTICE GURU (PENDIDIKAN) 
di SMA PERTIWI JAMBI, 24 APRIL 2016

oleh:
Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd


Minggu, 24 April 2016. 
Hari Minggu adalah hari libur bagi sebagian besar orang untuk sejenak berisitirahat dari rutinitas dan tugas-tugas di kantor.  Namun pada kesempatan kali ini, di tengah kesibukan saya yaitu membimbing pelatihan olimpiade sains kimia bagi siswa yang menuju tingkat nasional pada 15-21 Mei 2016 mendatang di Palembang, saya juga harus bersiap melaksanakan tugas membagikan pengalaman dan membimbing para guru untuk mengenal dan mulai menulis tentang Best Practice Pendidikan. Kegiatan yang difasilitasi oleh IGI propinsi Jambi di bawah komando ketua IGI Bapak Cristop Simangunsong ini diikuti oleh para guru baik dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Jam menunjukkan hampir pukul 09.00 WIB, mobil saya telah meluncur menuju SMA Pertiwi Jambi, tempat kegiatan berlangsung. Telah hadir sekitar 25 orang guru dari berbagai sekolah di kota Jambi maupun  beberapa kabupaten yang turut hadir yaitu dari IGI Muaro Jambi, Tanjabar, dan IGI Batanghari yang ingin belajar bersama tentang best practice.  Ada pemandangan dan kebiasaan yang berbeda dibandingkan pertemuan kegiatan organisasi lain.  Saat saya memasuki ruangan kegiatan, para peserta sedang makan bersama yaitu membawa makanan masing-masing dari rumah untuk berbagi dan menikmati sarapan bersama. Menambah keakraban dengan saling berbagi.

Kegiatan ini memberi kesan bahagia dalam hati saya karena dapat bertemu dengan para guru yang mau meluangkan waktu untuk belajar di tengah hari Minggu yang seharusnya digunakan untuik beristirahat.




Acara dibuka oleh ibu Kepala Sekolah SMA Pertiwi, Ibu Dra Rusiani, M.Pd dilanjutkan Ibu Duma selaku sekretaris IGI Prop Jambi.

Ibu Rusiani

Ibu Duma

Sesuai visi misi IGI bahwa learning and growing together maka presentasi, sharing dilakukan bergantian dari saya (Elizabeth), Ibu Iik Sri Sulasmo (SMAN 1 Jambi, S3 UNS), dan Ibu Tiana Simanjuntak (SMA Adyaksa Jambi).  Para peserta mendengarkan dan mengikuti diskusi dengan semangat. 

Ibu Elizabeth


 Ibu Elizabeth


Ibu Elizabeth

Ibu Iik Sri Sulasmo

Ibu Tiana Simanjutak

Inti yang saya perkenalkan tentang tulisan best practice pendidikan adalah ciri-ciri best practice yang harus memuat kata kunci sbb:
1.  Pemecahan permasalahan dalam proses pembelajaran dalam kelas.
2. Dilakukan dnegan metode inovatif, efisien, dan ekonomis.
3.  Hasilnya outstanding dan lestari (dibuktikan selama sekian tahun).
4.  Hasilnya dapat dijadikan  model atau  contoh yang  dapat diterapkan di mana saja oleh siapa saja.

Pada kesempatan kali ini saya juga menceritakan tentang tulisan best practice saya yang telah memeroleh penghargaan dalam 10 besar pemenang pada best practcie P2TK Dikmen Kemendikbud tahun 2013 sebagai salah satu contoh yang diharapkan dapat menginspirasi para peserta, serta pengalaman menulis lainnya yang telah membuahkan hasil.

Di akhir presentasi saya, saya sajikan sebuah quotes hasil perenungan saya selama ini. Mengapa kita perlu menulis? Sebekum menulis tentu harus didahului membaca.  Quotes berikut saya ciptakan sendiri semoga menginspirasi dan benar adanya.


Saya teringat salah satu misi dan  program kerja IGI di tahun 2016 ini:  Pendidikan harus menyatu dengan literasi.
Budaya literasi di sekolah harus sudah dimulai untuk dibiasakan pada peserta didik.  Salah satunya contoh kebiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.  Mengapa?  Indonesia harus mengubah posisi literasi baik  membaca, sains, dan matematika pada posisi sepuluh besar terbawah di dunia menjadi sepuluh besar teratas.  Inilah PR kita bersama.  Mari kita mulai dari para guru.


Kegiatan berakhir sekitar pukul 12.00 dan akan terus berlanjut pada pengelompokan mapel untuk dibimbing oleh masing-masing tutor dalam pembuatan karya best practice.

Acara ditutup dengan foot bersama untuk sesi dokumentasi.

                           Foto Bersama Peserta dan Pengurus

                        Foto Bersama IGI Kab Tanjabar

Akhir kata, mari para guru teruslah membaca dan mulai biasakanlah menulis karena belajar tak pernah usai.  

Salam literasi,

Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd



- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -