Posted by : ELIZABETH T Kamis, 29 Mei 2014

BIMBINGAN TEKNIS
GURU PEMBIMBING OLIMPIADE SAINS se INDONESIA
P2TK DIKMEN
Jayakarta Hotel - Jakarta, 20 -23 MEI 2014

diceritakan oleh:
Elizabeth Tjahjadarmawan, S.S,I, M.Pd
Guru kimia di SMA Xaverius 1 Jambi

Suasana belajar bareng kawan-kawan dari Prop DIY, Jateng, SUlsel, dan Lampung
Seruuuuu



Suatu sore, di sela-sela kegiatan yang padat, ponsel saya berdering.  Seorang kawan memberi info jika saya dan kawan-kawan yang tergabung dalam tim pembina olimpiade SMA (Inti) akan mengikuti kegiatan Bintek Guru Pembimbing Olimpiade Sains untuk SMA di Jakarta pada 20-23 Mei 2014.

Meski lelah dan seabrek kegiatan menguras energi, saya bertekad mengikuti kegiatan itu.  Sejak tahun 2009, kegiatan seperti ini hampir tidak pernah lagi diadakan oleh direktorat. Beruntung sekali, saat sekarang saya bisa mengikutinya lagi !

Saat-saat belajar haruslah saat yang ditunggu-tunggu bagi guru karena guru haruslah pemberi teladan sebagai pembelajar.  Bagaimanapun juga ilmu penegtahuan selalu berkembang sehingga guru perlu update dan mau terus diupgrade demi perkembangan dunia pendidikan.

Akhirnya kami ber-8 dari mapel Matematika, kimia, fisika, astronomi, geobumi, geografi, ekonomi, dan komputer (masing-masing 1 orang guru) propinsi Jambi, berangkat pada hari Selasa, 20 Mei 2014 pesawat Lion pukul 14.30 WIB dari Jambi menuju Sukarno Hatta.

Tiba di Hotel Jayakarta, sekitar pukul 18.00 WIB, kami segera melakukan pendaftaran ulang. Saat itu rombongan kami terlambat 1 sesi ceramah tentang Permendikbud RO no 4/2014 yaitu Penyesuaian Angka Kredit Guru PNS dan Guru bukan PNS yang dibawakan oleh Kepala P2TK Dikmen Ibu Dra, Maria Widianingsih, MA.

Setelah berbenah, sekitar pukul 19.30 (setelah makan), saya langsung menuju ruang belajar kimia.  Demikian juga mapel lainnya. Saat itu Bapak Dosen FMIPA Kimia UI yaitu Bapak DR. Riwandi Sihombing yang akan mengajarkan materi sudah menunggu kami untuk memberikan sedikit sharing tentang perkembangan olimpiade serta pre test yang langsung kami kerjakan dalam waktu 2 jam. 

Keesokan harinya waktu belajar dimulai dari pukul 07.30 hingga 22. 00 WIB dengan nara sumber utama DR Ismunaryo dan DR Riswiyanto.  Alangkah inspiratif dosen-dosen tersebut mengajar kami sehingga memotivasi kami untuk terus menggali ilmu kimia yang semakin berkembang.




Berfoto bersama para dosen dept kimia UI
Kapan ada lagi ya...


Walaupun kegiatan belajar full dari pagi hingga malam, melelahkan namun tak menyurutkan semangat kami untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat.  Apalagi suasana belajar yang menyenangkan.  Teman-teman dari berbagai propinsi, saling bertukar pikiran dan semangat ingin maju bersama.  Yang paling seru adalah materi kimia organik...ini paling menantang...

Yang tak kalah serunya adalah suasana makan bersama.. Hotel Jayakarta dengan aneka sajian makanan yang lezat tentu memberi kepuasan tersendiri.

Suasana ruang makan peserta BINTEK OSN 2014


Akhirnya setelah 2 hari belajar full, kegiatan ditutup pada hari Jumat pagi, 23 Mei 2014 pukul 10.00 WIB.

Walaupun acara telah selesai, namun belajar tak pernah usai..
Guru harus terus belajar, memperbaiki kinerja, kompetensi, dan mengembangkan dirinya demi perkembangan siswa-siswinya juga.

Pada kesempatan kali ini saya sangat bersyukur bisa bertemu guru-guru yang luar biasa dari berbagai daerah propinsidi Indonesia. Semoga kita bisa bertemu kembali ya..

Bapak Junandar, guru Kimia dari SMA Stella Deuce 1 Yogyakarta-DIY, yang sangat rajin, catatn rapi, dan so seriu.. Thanks Pak, saya banyak belajar dari Bapak..

Ibu Ning, guru kimia dari SMAN 1 Metro Lampung, untuk semangatnya yang menulari saya..

Ibu Tithing Sariningtyas, SMAN Godong-Grobogan Jateng, untuk semangatnya juga dan ruajinn tenan..

Bpk Sudarman, SMN 2 Tinggimoncong , Gowa, Sulsel
Bpk Dwi Sunarto - SMAN 3 , Mataram, thanks Pak atas inspirasi dan motivasinya.

Bpk Imam Husnan N, SMA Semesta, Semarang, thanks untuk mau berbagi pengalamannya ya, 

Ibu Sulastri, SMAN 4 - MH Thamrin, terima kasih tuk materi kimia organiknya mantap benerrr 

Ibu Yusnaidah S, SMAN 3 Pangkal Pinang - Bangka Belitung, terima kasih ya Bu.. malam-malam sudah mau sahre tentang K13 dan file-filenya.

Dan lain-lain yang tak bisa saya sebutkan satu persatu..

Bersama itu indah, dan berbagi itu saling melengkapi serta keberagaman itu adalah kesempurnaan...












- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -