Posted by : ELIZABETH T Kamis, 02 Mei 2013


INGIN ANAK ANDA BERPERSTASI?
KENALI BAKAT PUTRA/I ANDA DAN BERANILAH BERTINDAK DEMI KEMAJUANNYA



Joel (juara 1 OSN Prop Jambi bid IPA) bersama Pak Kardiman guru IPA SD Xaverius 2; Ibu Erna (Kabid Dikdas Din Pend Prop Jambi; dan Raihan (juara 1 OSN SD Prop Jambi bid MTK) 2012

Entah mengapa.. saat ini..saat jari-jari saya menari-nari di atas papan board laptop saya.. tiba-tiba saya teringat peristiwa paling berkesan dalam kehidupan saya dan putra bungsu saya Joel Jordan.  Oleh karena itu saya segera menulis kembali hal-hal yang saya beri nama sebagai sebuah school of life.  Sekolah kehidupan karena hidup adalah belajar.  Belajar dari kesuksesan dan belajar dari kegagalan.. Semuanya mendatangkan hikmah dan kebaikan.  Percayalah...!

Deretan peristiwa itu terjadi tepat setahun lalu yaitu tahun 2012.  Saat saya berjuang memperkenalkan  karakter berkompetisi dan tidak mudah menyerah agar tumbuh dalam diri putra saya.  NIlai-nilai karakter perlu ditanam melalui berbagai proses yang dialami oleh seorang anak.  Bagaimana orangtua mengenali anaknya sendiri, peka terhadap kebutuhan mereka dan membantu mereka untuk maju mengembangkan bakat dan talentanya.  Di samping sebuah keberanian untuk bertindak dan mengubah paradigma lama demi datangnya sebuah terobosan dan kemajuan.  Revolusi berpikir !

Putra saya Joel Jordan sangat gemar membaca dan belajar. Terutama pelajaran sains (IPA).  Berbagai buku Sains dibacanya sampai jenjang SMP, dia tidak merasa kesulitan menangkap isinya.  Sayangnya di sekolahnya yang lama (SD BK Jambi) saat itu dia duduk di kls 4, putra saya tak pernah mendapat kesempatan untuk maju.  Perlombaan di tkt sekolah pun hampir tak pernah terpilih! Padahal nilainya  juga bagus. Tiap pulang dari sekolah wajahnya murung dan bersedih.  Karena dia tidak merasa senang belajar di situ.  Saya pikir juga karena guru-gurunya terikat pada peraturan yang sangat kaku dan diktator.  Akhirnya di kelas 5 saya pindahkan sekolahnya ke SD Xaverius 2 Jambi.

Di sekolahnya yang baru, Joel lebih mendapat ruang untuk mengekspolrasi bakat dan minatnya terhadap sains.  Mulai dari ikut ektrakurikuler sains di sekolahnya dan juga mendapat kesempatan mengikuti berbagai perlombaan sains dan selalu mendapatkan juara 1.  Hingga akhirnya... putra saya Joel bisa mewakili OSN SD bid IPA tahun 2012 pada September 2012 di Htl Bidakara Jakarta.

Apakah semudah itu meraih sesuatu yang kita harapkan?
Persiapan sejak dini, mengenali peristiwa dan emosi yang sedang terjadi pada anak dan minatnya, semuanya adalah sebuah proses! Bukan karbitan.  Apalagi persiapan dari propinsi Jambi yang sangat minim (tidak seperti propinsi lainnya, seperti Jateng, DIY, Bali, Kalteng, Kepri) membuat saya harus ikut mengajarinya dibantu guru-guru sekolahnya dan guru biologi SMP.  Bahkan saya harus mempelajari kembali materi fisika dan biologi SMP agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaanya ketika berlatih soal.

Lebih dari itu, saya menyadari ada  kuasa Tuhan yang bekerja.  Orang yang bersemangat akan mendapatkan hasil yang maksimal.  Allah turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi umatNYA. AMIN...

Berikut adalah tulisan Joel dalam sebuah diarynya yang saya temukan beberapa hari yang lalu.... Perasaannya, pengalamannya dalam berlomba dan mendapatkan kesempatan berlomba... sungguh memberi arti bahwa SEBUAH KESEMPATAN ITU SANGATLAH BERHARGA !!! Jadi gunakan kesempatan yang ada sebaik-baiknya jika Anda memperolehnya.

Hello,good morning everyone.My name is Joel Jordan Anzamar SIbarani and I’m 12 years of age.  

I want to tell about you my talent. When I was at second grade I read a Science Book about animals.  When I read that I was so interested in animals.  Then, I told my mom to buy more Science Book. Then,I read so many Science book and I enjoyed that. Because of that, my mom saw my talent in Science.  She told me to learn more science, and I didn’t mind.  When I'm at 5 grade,I have read  so many Science books.  My mom told me that was amazing,so my mom thought that I should be joined on National Science Olympiad.  

Unfortunately, when I was at 4 grade at school, I studied at my old school, SD BK at Jambi.  In this scholl I never got chance to explore my talent.  I didin't know why that's happened to me.  Actually, I always got 9 for science or good mark for this subject but my old school didin't give me a chance.  I was very sad. Because of this reason, my mother looked for solve the problems.  Finally, at 5 grade, I moved to my new school SD Xaverius 2 Jambi.  In this school I was given a chance and challeing to expand my competent about science.  I was very glad.  The first chance that my new school, SD Xaverius 2 Jambi let me followed Gebyar Sains - Jiwa Sehat Berseni-VI - SD IT Nurul Ilmi at Jambi on 2011 and I got the best. I got first champion!  It's motivate me to join another competition about science.

So I joined to OSN IPA SD for 2012 and I got the first winner at Kecamatan level, Kota Level, and Jambi Province  Level! It's because of my LORD helped me at that time to be the best and this is because of my new school trust to me to give my best for my school.  I was very thanks a lot for my head master Pak Mujito, and my science teacher Pak KArdiman and Pak Lianson, Bu Era and Bu Yanti as my form teachers who encourage and teach me a lot.  To Bu Hastuti who teach me about biology practice to prepare going to National I was very honour was taught by her.. Thanks Bu Hastuti..
GOD blessed them forever..! That's my prayer for them.

I also gave thanks a lot to my mother who always teach me
and reminded me how to be a success man we shoulbe have a hard working and praying.

With praying,hope,and learning, I made it to National Scince Olympiad 2012, but I didn’t get a medal at that time.  But that didn’t  make my spirit down. I never give up until now!  I learn more and pray more.I didn’t fear of losing.  Ok. So, why do I like Science? 
First, Science shows us how great is our GOD.
Second,It makes us to be not arrogant because human is so small if it compare to universe,  We are just like a dust, flea, or even bacteria.

Ok, I have enough talking here.  Find your talent, don’t give up,so keep trying and praying guys!

2 Komentar

  1. faqih says:

    Bu ES bagus bener tulisan joel, englishnya mantap. Kerennnnnn salutttttt

  2. Heeee.. iya Pak AG..asli itu tulisannya.hanya sedikit saja yang saya poles..cuma modal rajin baca buku cerita berbahasa Inggris, nonton TV, dan main game...heeee Tq..

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -