Posted by : ELIZABETH T Selasa, 21 Juni 2011

PROPINSI JAMBI SIAP BERLAGA di AJANG  
OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2011 (1)

Oleh:

Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd



Gambar 1.  Elizabeth Sedang Mengajar Materi Kimia Fisik pada 
Kegiatan Pelatihan OSN Tingkat KOta di SMAN 1 Jambi

Gambar 2.  Para Peserta OSN Tingkat Kota 2011 Sedang Berlatih 
di SMAN 1 Jambi

Gambar 3.  Para Peserta (Bidang Kimia) dari Kabupaten/Kota 
Jambi Mengikuti Test Seleksi OSN Tingkat Propinsi Jambi 2011 
di SMAN 5 Jambi 


Gambar 4.  Pak Aswen dari Dinas Pendidikan Propinsi Jambi 
Bersama Panitia Pusat (Jakarta) Membuka Kegiatan Test 
Seleksi Tingkat Propinsi di SMAN 5 Jambi


Olimpiade sains jenjang SMA kembali bergema di tahun 2011 ini.  Event rutin tahunan ini memang selalu saja menarik banyak perhatian khususnya di kalangan siswa sekolah pecinta sains dan matematika.  Tahun ini para siswa dan guru lebih bersemangat  Mau tahu alasannya? Penyelenggaraan OSN tahun 2011 kali ini diadakan di kota yang masyarakatnya dikenal dengan warga Kawanua alias suku Minahasa.  Kota yang terkenal dengan keindahan taman laut Bunakennya ini akan menjadi  tempat bertemunya seluruh finalis olimpiade sains mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA.  Akankah kota Menado yang masyarakatnya acapkali berkata “torang samua basudara” ini menjadi tempat bersejarah bagi putra-putri Jambi mencetak prestasi olimpiade bergengsi ini?  Marilah kita ikuti perjalanan persiapan kegiatan olimpiade sains khususnya jenjang SMA di Propinsi Jambi.



Pelatihan olimpiade sains tingkat kota Jambi tahun 2011 kali ini diadakan di tiga sekolah.  Bidang kimia, astronomi, dan kebumian diadakan di SMAN1 Jambi; bidang komputer dan fisika berlokasi di SMA Xaverius 1 Jambi, serta bidang biologi, matematika, dan ekonomi dipusatkan di SMAN 3 Jambi.  Pelaksanaan berlangsung mulai tanggal 30 Mei hingga  4 Juni 2011.  Para guru yang tergabung dalam tim inti pelatihan olimpiade sains tingkat propinsi dan para peserta pun semangat berlatih.  Peserta pelatihan olimpiade kimia tingkat kota 2011 diikuti oleh 13 orang.  Mereka berasal dari SMA Xaverius 1 Jambi (7 orang); SMAN 1 Jambi (4 orang), dan SMAN 3 Jambi (2 orang).  Para peserta ini adalah peserta yang lolos tes seleksi olimpiade sains tingkat kota/kabupaten pada tanggal 12 Mei 2011 di SMAN 4 Jambi.  Peserta di tingkat kota Jambi mencapai sekitar 500 an orang. Wow!  Dari sini terlihat bahwa siswa-siswi mulai tertarik dan berani mencoba mengikuti kompetisi sains bergengsi ini.


Selanjutnya pada tanggal 6-7 Juni 2011, pelatihan olimpiade sains dilanjutkan ke tingkat propinsi.  Di sini para peserta berdatangan dari 10 kabupaten ditambah dengan kota Jambi sendiri sehingga total peserta setiap bidang studi yang dilombakan ada 33 peserta.  Adapun lokasi pembinaan berlangsung di hotel Grand untuk bidang kimia, astronomi, biologi, dan ekonomi.  Sedangkan bidang fisika, matematika, dan geobumi bertempat di Hotel Golden Harvest.  

Saat-saat yang menegangkan adalah saat hari seleksi olimpiade sains tingkat Propinsi pada hari Rabu, tanggal 8 Juni 2011 di SMAN 5 Jambi.  Sekitar pukul 12.00, 2 orang panitia pusat datang membawa soal-soal test. Para pengawas, guru, dinas pendidikan propinsi Jambi, dan staff dari SMAN 5 Jambi mengadakan rapat teknis pelaksanaan tes.  Tepat pukul 13.30 test seleksi berlangsung.  Seleksi berlangsung bervariasi.  Mulai dari 2 jam hingga 3,5 jam.  Syukurlah, selama test berlangsung, semua berjalan dnegan lancar dan tertib.  Semua hasil test dikumpulkan dan dibawa oleh panitia pusat dari Jakarta untuk dikoreksi oleh dewan juri di Jakarta.  Mari kita berdoa agar putra-putri propinsi Jambi lolos passing grade sehingga dapat mewakili propinsi menuju seleksi OSN tingkat nasional di Menado pada 11-16 September mendatang.  Tentunya harapan meraih medali di tingkat nasional merupakan target yang utama sehingga dapat membawa nama Jambi menjadi harum di tingkat nasional. Good Luck!

- Copyright © 2015 Elizabeth's Blog - Powered by Blogger - Template by Djogz -