Posted by : ELIZABETH T
Selasa, 23 Juli 2013
Sebuah pengalaman mengikuti tes OSN Guru Tkt Propinsi, semoga bisa membawa hikmah dan memberi wawasan bagi guru yang akan mengikuti tes OSN Guru khususnya bidang Kimia jenjang SMA.
Ditinjau dari pesertanya, OSN tidak saja diikuti siswa mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK namun juga diikuti oleh guru bidang studi yang diampunya mulai dari guru SD, SMP, SMA, dan SMK. Whatever! yang penting jika diambil hikmahnya maka tes seleksi OSN Guru itu adalah kegiatan/event yang dapat kita jadikan sarana mengevaluasi kemampuan menguasahi materi dan pedagogi yaitu aspek kompetensi profesionalisme dan pedagogi guru sesuai UU Guru dan Dosen 14/2005. Bagaimanapun juga guru haruslah insan pembelajar. Belajar sepanjang hayat. Tak dibatasi usia dan waktu. Guru harus terus belajar dan belajar. Inilah salah satu kesempatan bagi guru untuk belajar.
Baiklah saya ceritakan sedikit pengalaman pada saat tes seleksi OSN Guru tingkat Propinsi pada tanggal 26 Juli 2013.
Pelaksanaan OSN Guru Tingkat propinsi yang diselengggarakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 26 Juni 2013 tentunya diwarnai anekaragam persiapan masing-masing peserta di tiap propinsi. Dibandingkan peserta dari Pulau Jawa, sebagian besar peserta di Propinsi Jambi, tidak melaksanakan tes tingkat kota. Bahkan sehari sebelum pelaksanaan tes, guru ybs baru ditunjuk dan diberitahu oleh dinas pendidikan kab/kota. Dengan berbekal sistem SKS, keesokan harinya guru harus menjalani tes. Sosialisasi tentang OSN Guru sendiri baik tentang silabus materi, bentuk tes, sistem seleksi dari pusat, sering sekali tidak disampaikan oleh pihak terkait. Sebagian besar guru hanya menjalani tes tanpa tahu sedikitpun tahu seluk-beluk tentang OSN guru apalagi bahan-bahan apa yang harus dipersiapkan.
Mengapa guru perlu persiapan yang baik sebelum menjalani tes?
Menjalani tes, bagi seorang guru itu ternyata TIDAK MUDAH. Walaupun dalam pekerjaan kesehariannya guru memang mengajar, kenyataannya ketika guru menjalani tes, tidak semudah guru mengajar di depan kelas maupun membimbing siswa secara individual dalam menyelesaikan soal-soal yang sedang dihadapi siswa. Keadaan ini berlaku baik bagi guru senior yang sudah bertahun-tahun mengajar maupun bagi guru junior yang fresh graduated. Keadaan bisa lebih parah bagi guru-guru yang model mengajarnya hanya melempar tugas kepada siswa untuk dikerjakan lalu mencocokkan jawaban akhirnya saja tanpa menganalisis dan membahas soal tsb hingga detil, apalagi membuat pertanyaan-pertanyaan mengapa menjawab begini dan mengapa tidak sesuai menggunakan langkah jawaban itu, dst. Oleh karena itu sebaiknya peserta mengenal dan berlatih terlebih dahulu contoh-contoh soal tes seleksi OSN guru.
Kembali pada masalah waktu pengerjaan soal tadi. Kendati sudah dibantu kalkulator, ternyata waktu masih dirasa minim karena tidak sempat mengulangi lagi hitungan yang telah dikerjakan. Dari 40 soal kimia, semua materi baik dari kelas 10, 11, dan 12 keluar secara merata bahkan ada soal-soal di luar silabus KTSP. Bagaimana jika peserta hanya mengajar salah satu jenjang kelas saja? Kelas 10 saja? kelas 11 atau kelas 12 saja? Menurut saya soal-soal kimia pada seleksi osn guru 2013 ini memerlukan penalaran dan wawasan teoretis kimia di atas pemahaman materi KTSP. Bagaimanapun juga peserta perlu berlatih soal-soal terlebih dahulu dengan tingkat kesulitan di atas rata-rata.
Ditinjau dari tingkat kesiapan para peserta, tidak heran jika peserta OSN Guru yang lolos ke Tkt Nasional berdasarkan SK Penetapan Peserta OSN Guru Tkt Nasional 2013 di Bandung September mendatang yaitu Nomor : 13810/J2/KP/2013, sebagian besar didominasi oleh peserta dari Pulau Jawa.
Kendati demikian, puji syukur kepada Tuhan YME, dari propinsi Jambi lolos dua orang bidang Kimia jenjang SMA salah satunya adalah penulis sendiri, Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd dari SMA Xaverius 1 Jambi.
Suatu perjuangan yang tidak mudah, meskipun penulis sudah sering membimbing siswa-siswi peserta OSN Nasional bidang kimia dari SMA Xaverius 1 Jambi hingga memeroleh medali di tingkat Nasional dari tahun 2005 hingga 2012, namun kenyataannya, menyelesaikan soal-soal tes dengan sempurna adalah usaha yang keras. Penguasaan materi mutlak perlu. Investasi waktu bagi seorang guru dengan seabrek kegiatan, tidaklah mudah. Semoga Perjuangan di tkt nasional membuahkan hasil.
Akhirnya saya ucapkan selamat bagi para peserta OSN Guru Tkt Nasional 2013 yang telah lolos dan selamat berlomba. Go get gold medal !!!
Pembaca bisa menyimak pada soal-soal OSN Guru Kimia 2013 yang akan saya cantumkan di bawah ini.
SOAL OSN GURU KIMIA SMA - 26 JUNI 2013
(versi
diketik ulang)
1. Seorang guru kimi akan melakukan
pembelajaran senyawa hidrokarbon alkana dengan pendekatan tertentu.
Guru tersebut memulai pembelajaran dengan memberikan data percobaan dari sekelompok senyawa alkana yang akan
dianalisis unsur C dan H secara kuantitatif.
Siswa melakukan kegitan pembelajaran:
a)
mengobservasi data
b) menganalisis data
c) membuat generalisasi sehingga
diperoleh Rumus alkana
Pendekatan pembelajaran yang dilakukan
oleh guru kimia tsb adalah...
2.
Seorang guru kimi akan menyusun RPP
untuk materi koloid dengan model pembelajaran kooperatif tipe “jigsaw”. Dalam
pembelajaran ini salah satu tahapan yang dilakukan adalah presentasi. Karakter
peserta didik yang dapat dikembangkan pada tahap ini adalah : (sebutkan 3).....
3.
Sintak pada metode pembelajaran
kooperatif adalah:
a.
Menjelaskan indikator pembelajaran
b.
Menjelaskan informasi tahapan
pembelajaran yang akan dilakukan
c.
Membentuk kelompok
d.
Membimbing diskusi kelompok
e.
Menugaskan untuk melakukan presentasi
f.
Melakukan evaluasi, dan memberi
penghargaan.
Karakter peserta
didik yang dapat dikembangkan pada tahap diskusi kelompok adalah (sebutkan
3)....
4.
Pada pembelajaran materi larutan,
seorang guru kimia mngajak siswa-siswanya untuk melakukan praktikum titrasi
asam-basa di laboratorium. Guru tersebut akan melakukan penilaian psikomotor
terhadap siswa-siswanya. Aspek psikomotor yang dapat dinilai oleh guru pada
tahap melakukan titrasi adan (sebutkan 4)....
5.
Seorang guru kimi akan melakukan pembelajaran materi sifat koligatif
larutandengan indikator “Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit
berdasarkan data konsentrasinya”. Pada tahap apersepsi, guru menanyakan
pengetahuan awal yang harus diketahui siswa. Pengetahuan awal tersebut adalah (sebutkan
3)....
6.
Hasil ulangan harian siswa pada materi
pokok hasil kali kelarutan menunjukkkan bahwa 50% siswa belum mencapai nilai
KKM yang ditetapan yaitu 75. Strategi guru untuk meningkatkan nilai siswa agar
mendapatkan nilai di atas KKM adalah dengan melakukan pembelajaran remedial. Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum
melakukan pembelajaran remedial adalah............ (3).
Soal OSN Guru KIMIA 2013 no 7,
Media pembelajaran kontekstual yang tepat untuk mempelajari pencemaran
lingkungan adalah.......
Soal OSN Guru KIMIA 2013 no 8,
Pada mata pelajaran IPA, perlu
dilakukan praktikum, penilaian yang tepat ndilakukan terhadap peserta didik
adalah...
Soal OSN Guru KIMIA 2013 no 9.
Agar pembelajaran kondusif, efektif perlu dilakukan pengelolaan kelas
yaitu .... (soal tidak bisa dibaca)
Soal OSN Guru KIMIA 2013 no 10.
-Model kooperatif berdasarkan pada ...........
-Model PBL berdasarkan pada .......................
Soal OSN Guru KIMIA 2013 no 11.
Tentang menghitung Ea pada reaksi orde 1
Soal OSN GURU KIMIA 2013
no 12.
Pada pembakaran 1 gram gas Metana (CH4) dibebaskan 55,6 J.
Tulis persamaan termokimia yang menggambarkan reaksi pembakaran metana
tsb.
Soal OSN GURU KIMIA 2013
no 13.
Konsentrasi larutan HCl, KOH, NaNO3, CH3COONa, dan HCL masing-masing
0,1 M. Urutan larutan tsb berdasarkan
menurunnya pH adalah....
Soal OSN GURU KIMIA 2013
no 14.
Suatu reaksi beroode kinetika reaksi satu. Dengan tetapan laju 4,3 . 10 -5 s -1. Jika tekanan parsial awal 0,0088 atm maka
tekanan partial setelah 1 jam adalah...... atm.
Soal OSN GURU KIMIA 2013
no. 15
Unsur KE
K 0,9
H 2,2
C 2,5
N 3,1
Cl 2,8
O 3,5
Urutan kepolaran senyawa KCl, H2O, CH4, NO2 dari yang tertinggi
berdasarkan perbedaan kelektronegatifan adalah....
Soal OSN GURU KIMIA
2013 no 16
Ion Vanadium (II) dapat dioksidasi secara kuantitatif oleh ion
permanganat (VII)
V 2+ --> V z+ + (z –
2) el.
MnO4 - + 8
H + + 5 el. --> Mn 2+ + 4 H2O
Dalam suatu percobaan, 25 ml; 0,02 M larutan V 2+ diketahui tepat bereaksi dengan 15 ml ; 0,02
M larutan MnO4 - dalam suasana asam. Dari informasi tsb, dapat disimpulkan bahwa
bilangan oksidasi V (z) setelah
dioksidasi adalah.....
Soal OSN GURU KIMIA 2013
no 17.
Sebanyak 0,205
g pellet KOH ditambahkan pada
55,9 g air dalam cangkir stirofoam. Suhu
air naik dari 23,5 o C menjadi 24,4 o C. Jika diasumsikan kalor spesifik KOH (aq)
encer sama dengan kalor spesifik air yaitu
4 J/ g. o C maka kalor pelarutan KOH yang dinyatakan dalam kJ
per mol KOH adalah...
Soal OSN GURU KIMIA 2013
no 18.
Sebanyak 110,520 g sampel air
mineral, dianalisis kadar Magnesiumnya.
Mg 2+ dalam sampel mula-mula diendapkan sebagai
MgNH4PO4. Dan endapan ini kemudian
dikonversi menjadi Mg2P2O7 yang diketahui massanya 0,0549 g. Kadar Magnesium dalam sampel dinyatakan
dalam ppm adalah...
Soal OSN GURU KIMIA 2013
no 19.
Kadar Hb darah sekitar 15,5 g / 100 ml darah. Massa molar Hb sekitar 64500 g/mol.
Dalam Hb terdapat 4 atom Fe.
Maka atom Fe yang terdapat dalam 6 liter darah orang dewasa adalah....
20.
Jika diketahui informasi berikut:
CH4 + 2O2 ®
CO2 + 2 H2O ∆H0
= -802 kJ
CH4 + CO2 ®2CO
+ 2 H2 ∆H0 =
+247 kJ
CH4 + H2O® CO + 3 H2O ∆H0 = -802 kJ
Maka
∆H0 untuk reaksi:
CH4 + ½ O2 ®
CO + 2 H2O adalah...
21.
Rumus molekul suatu hidrokarbon adalah
C5H10 berdasarkan analisis kandungan komposisi C dan H.
Monoklorinasi dari hidrokarbon tersebut menghasilkan 2 isomer A dan B.
Klorinasi lanjut dari A menghasilkan produk diklorinasi tunggal. Dari data
percobaan ini maka dapat disimpulkan rumus struktur dari hidrokarbon awal, A
dan B berturut-turut adalah ... dan ...
22. Asam asetat komersial (97% C2H4O2)
direaksikan dengan PCl3
berlebih akan menghasilkan asetil klorida (C2H3OCl).
Jika asetil klorida yang dihasilkan adalah 75 g dan efisiensi reaksi (rendemen)
78,2%, maka jumlah asam asetat yang direaksikan adalah ...
23. Dari senyawa florida berikut: SeF4,
TeF4, dan BrF3 , maka urutan karakter ionik dari terendah adalah ...
24. Di bawah ini adalah gambar bentuk
molekul dari senyawaan klorida
Cl
l PEB
Cl- M - Cl
PEB
Berdasarkan
bentuk molekul tersebut, dapat disimpulkan bahwa atom pusat M merupakan unsur
golongan ....
25. Terdapat tiga buah larutan: 0,100 m
NaNO3 ; 0,100 m glukosa, dan 0,100 m CaCl2. Urutab yang
benar berdasarkan kenaikan tekanan uap pada 50 oC adalah ....
26. Reagen Gridnard merupakan reagen yang
sangat luas penggunaannya dalam dunia sintesis organik karena kereaktifannya.
Produk yang terbentuk bila CH3CH2MgBr kontak dengan air
adalah ....
27. Perbandingan mol gas N2 dan H2 pada reaksi
pembuatan gas NH3 adalah 1:3.
N2 + 3
H2 --> 2
NH3
Pada
saat kesetimbangan, 50% gas N2 telah bereaksi dan tekanan totalnya p. Maka tekanan partial gas amoniak pada saat
setimbang adalah.....
28. Pada elektrolisis lelehan Scandium oksida
dihasilkan 5 g Scandium pada katoda dan 2,67 g gas O2 pada anoda. Maka rumus kimia Scandium oksida tsb
adalah... (Ar Sc= 45
g/mol).
29. Plumbum (IV)
klorida adalah cairan pada suhu kamar titik lelehnya – 15 o C. Sedangkan plumbum (II) klorida titik lelehnya 501
o C. Hal yang menyebabkan
perbedaan ini
adalah...
30. SiF4 + 2 F - --> SiF6 2- Hibridisasi pada atom Si berubah dari
...... ke .......
31. Suatu reaksi menghasilkan 4 hydroxy 4 methyl
pentan – 2 one. Struktur dan nama IUPAC yang dimaksud adalah .... dan ....
32. Suatu senyawa yang bersifat optis aktif
mempunyai rumus molekul C7H15Br. Senyawa tsb dapat bereaksi dengan KOH
menghasilkan campuran rasemat.
Berdasarkan data tsb, reaksi ber;langsung mnegikuti
mekanisme.............
33. Larutan NaOH 0,1 M yang diperlukan untuk
menetralisir larutan yang dibuat dengan cara melarutkan 1,42 g P4O10 dalam air adalah.....
34. SO2Cl2 yang
terhidrolisis dalam air menghasilkan asam sulfat dan asam klorida. Jika sampel SO2Cl2 yang dilarutkan dalam air
membutuhkan 80 ml NaOH 0,2 M untuk netralisasi maka massa SO2Cl2 yang
dibutuhkan tersebut adalah...
35. Data sbb:
O H
1 25 5
2 20 4
3 20 5
4 24 5,35
5 16 4
6 24 8
36. Bila NaBr dipanaskan dalam H2SO4 pekat akan dihasilkan Br2 tetapi bila NaCl yang diperlakukan sama akan
dihasilkan HCl. Penyebab terjadinya perbedaan tersebut adalah....
37. Nitrogen dan fosfor dapat menghasilkan ion
negatif sedangkan As, Sb, dan Bi tidak. Penjelasan akan fakta empirik ini
adalah ....
38. Dalam industri, aluminium dihasilkan dengan
cara elektrolisis alumina yang larut dalam kriolite. Proses ini memerlukan arus
20.000 A. Jika efisiensi arus tersebut mencapai 90%, maka Al yang dapat
diproduksi dalam waktu 12 jam adalah ....
39. Tetapan hasil kelarutan (Ksp) dari CaCrO4 adalah 1 x 10–8.
Kelarutan garam tersebut dalam larutan yang mengandung 0,05 M K2CrO4
adalah ....
40. Sebanyak 4,1 gram natrium asetat CH3COONa
dilarutkan hingga volumenya menjadi 500 mL. Jika Ka CH3COOH
= 10–5, maka pH dan persen hidrolisisnya
adalah .... dan ....
41. Zat
toksik selain CO yang mungkin terbentuk pada pembakaran PVC dan Polistirena
berturut-turut adalah ....... dan ..........
42. Perhatikan pernyataan mengenai reaksi yang
dikatalisis olej suatu katalis sebagai berikut:
a. Suatu katalis tidak mengubah entalpi
reaksi.
b. Suatu katalis hanya mempercepat reaksi
ke kanan, tetapi tidak untuk kebalikannya
c. Suatu katalis meningkatkan energi
kinetik partikel-partikel yang bereaksi
d. Dari ketiga pernyataan di atas,
pernyataan yang benar adalah ........
43.
Berikut ini adalah data setengah reaksi reduksi di bawah ini:
Reaksi
|
E0 /V
|
Cd2+
+ 2e --> Cd
|
–0,40
|
TeO2 + 4H + 4 e--> Te + 2 H2O
|
+0,53
|
BrO3- + 6H+
+ 3e --> ½ Br2 +3H2O
|
+1,52
|
CO 2+ + e --> CO +3
|
+1,70
|
Fe3+
+ e --> Fe2+
|
+0,77
|
Pereaksi yang
dapat digunakan dalam proses oksidasi Fe2+ menjadi Fe3+ adalah
...
44. Diketahui beberapa reaksi
kesetimbangan sebagai berikut.
1.
PCl5(g)-->
PCl3(g) + Cl2(g)
2.
2HI(g) -->
H2(g) + I2(g)
3.
CO(g)+
3H2(g) -->
CH4(g) + H2O(g)
4.
N2(g) + O2(g) --> 2NO(g)
5.
N2(g) + 3H2(g) -->
2NH3(g)
Reaksi
kesetimbangan di atas yang mempunyai harga tetapan kesetimbangan Kc sama dengan
Kp adalah ....
45. Berdasarkan data reaksipada soal nomor
44, reaksi kesetimbangan yang tidak dipengaruhi oleh perubahan tekanan adalah
.....
46. Dalam tubuh manusia, pH darah dijaga
pada kisaran yang sempit: asidosis terjadi jika pH darah di bawah 7,35 dan
alkolosis terjadi jika pH darah di atas 7,45. Jika pKw dari darah
sebesar 13,63 pada suhu tubuh, maka kisaran normal konsentrasi H+dan
OH-adalah ...
47. Perspex adalah suatu polimer dengan
rumus:
CH3
I
(- CH2 - C ____________ ) n
l
COOCH3
Struktur monomer dari Perspex adalah ....
48. Untuk tetap dapat bertahan hidup dalam
cuaca dingin yang ekstrim, beberapa ikan dan serangga memproduksi gliserol (C3H8O3)
dalam darahnya. Tujuan pembentukan gliserol tersebut adalah ....
49. Dari sederet garam-garam berikut: Pb(NO3)2,
Ag2SO4, MgCrO4, BaS, Bi(NO3)3,
MnCl2, FeCl2, NiI2,
ZnBr2, Na3PO4, K2CO3,
(NH4)2AsO4, Al2(SO4)3, CdS, pasangan garam yang bila
dilarutkan tidak menghasilkan endapan adalah ...
50. 50. Sejumlah 7,0 g Ca(NO3)2
dilarutkan dalam 100 g air pada 100 oC. Jika derajat disosiasi
larutan adalah 70 %, dan tekanan uap air pada kondisi tersebut adalah 760 mmHg,
maka besar tekanan uap larutan adalah ...
Semoga soal-soal ini membantu memberi wawasan tentang OSN Guru Kimia SMA sehingga peserta akan jauh lebih siap menghadapi tes OSN Guru KImia pada tahun-tahun yang akan datang.
Download soal dan pembahasan OSN Guru Kimia 2013, diketik ulang oleh Elizabeth-Jambi dan Mr Urip-Kalteng. Klik link berikut.
Posting Komentar